Indahnya Monumen Patuxai, Busur Kemenangan Laos

Siapa di antara Teman Traveler yang tengah rencanakan liburan ke Laos Jika berniat datang ke Vientiane, kalian wajib mampir ke Monumen Patuxai. Di sini kalian bisa menikmati indahnya pemandangan kota dari ketinggian. Sangat menarik.

Monumen Patuxai juga punya gaya arsitektur menarik Teman Traveler. Ditambah lagi ada cerita menarik di balik pembangunannya. Apa itu? Yuk, simak pengalaman saya saat jalan-jalan ke sana.

Ikon Kota Vientiane

Pemandangan kota dari ketinggian (c) Rosita/Travelingyuk

Monumen Patuxai merupakan lambang dari Vientiane. Letaknya sangat
strategis, sangat mudah ditemukan Teman Traveler. Meski baru pertama berkunjung ke Laos sekalipun. Bangunan megah ini ada pusat kota, tepatnya di Distrik Thanon Lane Xang dan dikelilingi sejumlah gedung pemerintahan.

Sembari mampir ke sini, Teman Traveler bisa melihat Lang Xang Avenue, jalan terbesar di Vientiane. Di sini kalian bakal dibuat kagum oleh megahnya Istana Istana Herkam yang merupakan Istana Kepresidenan Laos.

Monumen ini hampir tak pernah sepi dari wisatawan. Selain mengagumi indahnya bangunan, di sini Teman Traveler juga bisa berjalan-jalan menikmati area taman luas, lengkap dengan deretan bangku untuk bersantai. 

Adaptasi Arc de Triomphe di Paris

Sekilas mirip Arc de Triomphe (c) Rosita/Travelingyuk

Jika dilihat sekilas, Monumen Patuxai sedikit mirip Arc de Triomphe di Paris. Namun demikian, ukuran dan detailnya tentu saja berbeda. Bagian dinding landmark ikonik Vientiane ini dihiasi berbagai ornamen khas Laos. Tapi secara filosofis, struktur ini juga melambangkan kemenangan, sama seperti ‘kakak’-nya di Prancis.

Toko suvenir di dalam monumen (c) Rosita/Travelingyuk

Patuxai sendiri dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan Laos yang gugur dalam perjuangan melawah penjajah Perancis. Laos sendiri berhasil memerdekakan diri pada 1949. Monumen ini lantas dibangun antara 1957 hingga 1968 dan masih berdiri kokoh hingga kini. 

Melihat Pemandangan Kota dari Ketinggian

Menikmati panorama kota (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya sekedar berfoto di depan Patuxai saja, Teman Traveler juga bisa menyaksikan indahnya pemandangan Vientiane dari ketinggian. Tinggal meluncur saja ke lantai tujuh. Selain itu, di beberapa lantai ada sejumlah toko souvenir dengan beragam pernak-pernik ala Laos.

Di lantai paling atas, Teman Traveler juga bisa bersantai sambil kagumi eloknya panorama kota dari ketinggian. Dari sini bakal terlihat Taman Patuxai yang tertata begitu rapi.

Itulah sekilas ulasan mengenai Monumen Patuxai, salah satu bangunan ikonik di Vientiane, Laos. Bagi Teman Traveler yang berencana liburan ke sini, jangan sampai lupa mampir ya. Dijamin kalian bakal betah menikmati indahnya atmosfer sekitar.

Tags
kontributor laos Travelingyuk wisata laos
Share