Menilik Sejarah dengan Mengunjungi Monumen-monumen Perjuangan di Makassar

Deretan monumen bersejarah Indonesia merupakan hal yang tidak boleh terlupakan. Karenanya, kegigihan para pejuang untuk meraih kemerdekaan diabadikan dalam berbagai bentuk monumen. Travelingyuk sudah mengumpulkan empat tempat wisata di Makassar yang berupa monumen. Mana saja?

1. Monumen Mandala

Monumen Mandala, simbol pembebasan Irian Barat, via Instagram/@dannyonlyy

Monumen ini terletak di Jalan Jendral Sudirman, tidak jauh dari titik 0 kilometer kota Makassar yaitu lapangan Karebosi. Tempat yang menjadi salah satu ciri khas kota Daeng ini merupakan simbol dari kemenangan Indonesia dalam misi pembebasan Irian Barat. Di dalamnya terdapat berbagai relief dan boneka yang menceritakan perang serta proses pembebasan Irian Barat.

Monumen Mandala yang terlihat megah dan menawan, via Instagram/@khaidirr_

2. Monumen Korban 40 Ribu Jiwa

Monumen 40 Ribu Jiwa
Monumen Korban 40 Ribu Jiwa, via Instagram/@adninkhaeriyah

Pada tahun 1946-1947, 40 ribu orang dibantai dalam operasi penumpasan pemberontak yang dipimpin oleh Raymond Westerling. Untuk mengenang peristiwa itu, dibangun Monumen Korban 40 Ribu Jiwa, yang bercerita tentang kisah tragis pembantaian tentara Belanda terhadap rakyat Makassar. Terletak di Jalan Langau, tempat ini memiliki relief yang memperlihatkan kondisi masyarakat saat Belanda menyerang dan menyebabkan rakyat hidup di bawah tekanan.

Ukiran yang menggambarkan kondisi pembantaian, via Instagram/@sulkifli_sul [image source]

3. Monumen Emmy Saelan

Monumen Emmy Saelan di Makassar, via makassar.liputanutama.com

Salah satu pejuang Makassar yang perlu diingat adalah Emmy Saelan. Sebagai seorang perempuan, beliau sering terjun ke medan peperangan hingga akhirnya gugur dalam pertempuran. Salah satu kegigihannya yang terkenal adalah saat ia melempar granat dan membuat tentara Belanda kewalahan. Perjuangannya dikenang dengan sebuah monumen yang terletak di Jalan Hertasning Timur.

Monumen Emmy Saelan
Monumen Emmy Saelan, via Instagram/@iqbal_meta

4. Monumen Laskar Pemberontak Harimau

Monumen Laskar Pemberontak Harimau atau dikenal sebagai Taman Macan, via Instagram/@zemazidane

Terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, objek wisata ini juga dikenal dengan nama Taman Macan. Tugu ini dibangun sebagai simbol kegigihan pasukan Pemberontak Harimau Indonesia di Makassar. Terdapat ukiran seputar laskar harimau dengan nama-nama pejuangnya, antara lain Mochammad Syah dan Wolter Monginsidi.

Sering diadakan kegiatan masyarakat, via Instagram/@qybelz

Mengunjungi objek wisata bersejarah bisa menambah kebanggaan terhadap bangsa. Selain itu, bisa juga untuk menambah wawasan mengenai perjuangan bangsa yang heroik. Jangan lupa untuk berkunjung ke empat tempat wisata di Makassar saat tiba di Makassar ya!

Tags
Indonesia. Sulawesi Selatan Makassar
Share