Mondaycoffee.co, Merasakan Sensasi Ngopi di Dalam Gudang Tua, Kota Bandung

Di Bandung, tepatnya di Jl. Gudang Selatan, No. 22C, Merdeka, Sumur, ada sebuah ruang galeri sekaligus kedai kopi yang dibangun di dalam gudang peninggalan militer. Namanya Mondaycoffee.co, penasaran ada apa aja di sini? simak ulasan berikut ini.

Semangat Independen Gudang Selatan

Area Gudang Selatan dikenal sebagai salah satu area militer di kota Bandung. Menurut penuturan Syaiful, pemilik Mondaycoffee.co, dahulunya area ini adalah gudang barang dan senjata peninggalan militer. Sempat beberapa kali beralih fungsi, hingga akhirnya di tahun 2015-hari ini perlahan-perlahan area ini diberdayakan oleh anak muda kota Bandung menjadi ruang alternatif untuk aktivitas kreatif.

Nuansa gudang sama sekali tidak berubah secara tampilan luar, usang, bercak-bercak yang menunjukan usia bangunan ini tidak dapat dibohongi. Akan tetapi kontradiktif ketika Teman Traveler masuk ke dalam bangunan ini. Desain interior dan aktivitas-aktivitas kreatif di dalamnya representasi dari semangat kebaharuan anak muda kota kembang ini.

jendela_kuning_gudang_selatan_penanda_monday_coffee_wide_DCn.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tidak ada Papan Nama

gudang_selatan_yang_disulap_menjadi_area_kumpul_anak_muda_bandung_555.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Konsep seperti ini tergolong jarang digunakan oleh kedai kopi lainnya karena tidak menggunakan papan nama penanda brand justru akan lebih memperkuat jati diri kedai kopi miliknya ini. “Pelanggan akan mendapat pengalaman mencari lokasi kedai ini, semakin ada perjuangan semakin akan menambah ingatan pelanggan akan kedai ini. Kepuasaan setelah menemukan tempat ini adalah tujuan utamanya”, ungkap Syaiful.

Konsep Interior yang Unik

pelanggan_monday_coffee_VDn.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ketika pertama kali mendatangi kedai ini, Teman Traveler akan mendapati keunikan pada furnitur dekorasi interior. Rupanya hal ini menjadi konsep yang diusung oleh Mondaycoffee.co.

furniture_monday_coffee_2z8.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kedai ini menjalin kerjasama dengan berbagi seniman desain interior untuk memajang karya berupa kerajinan furnitur kursi dan meja berbahan kayu dan rotan. Karya tersebut dijadikan dekorasi utama kedai. Tujuan dari sistem barter branding ini untuk mengangkat nama dan memperkenalkan karya desainer-desainer furnitur interior di kota Bandung.

ambience_rustic_naturalis_monday_coffee_yus.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tanaman Hias dalam Ruang Mempermanis Dekorasi

Tidak hanya para desainer furnitur, Mondaycoffee.co juga menjalin kerjasama dengan para komunitas pecinta tanaman hias. Komunitas ini diajak memajangnya untuk dijadikan dekorasi pemanis. Semua display tanaman hias di kedai ini bisa dipesan oleh pengunjung.

dekorasi_indoor_house_plant_monday_coffee_MMV.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sangat Terbuka dengan Teman Komunitas

pelanggan_monday_coffee_yang_mayoritas_dari_komunitas_mX1.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Hampir sulit untuk menghitung jumlah komunitas yang ada di kota Bandung. Fenomena ini disambut positif oleh Mondaycoffee.co dengan membuka ruang untuk dijadikan wadah berkreativitas. “Pintu kami sangat terbuka untuk teman-teman komunitas, Monday Coffee menyedikan ruang untuk kegiatan teman komunitas. Free. Silahkan ramaikan, jadikan tempat ini wadah untuk kreativitas”, ungkap Syaiful. 

karya_seniman_seniman_kota_bandung_di_monday_coffee_Gfk.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Yang kerap berkunjung di kedai ini di antaranya komunitas fotografi analog, komunitas barista dan komunitas instragrammer. Tidak hanya itu, Teman Traveler juga bisa menikmati karya-karya kreatif rekan seniman dari Mondaycoffee.co yang memajang karyanya sebagai bagian dari dekorasi. 

Segelas Kopi dari Kamu yang Manis

coffee_bar_monday_coffee_3uX.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Teman Traveler akan dibuat betah berlama-lama di kedai ini, setiap segelas kopi yang disajikan, diracik oleh sentuhan manis, barista cantik.

youth_yin_yang_yeah_monday_coffee_potrait_1xh.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ada beberapa menu kopi yang jadi signature di kedai ini, salah satunya adalah Youth Yin Yang Yeah. Menu yang dibanderol dengan harga Rp25.000 ini diracik dengan komposisi House Blend Espresso from secret coffee beans, Specialty Tea, Lemon dan Madu. Minuman ini masuk kategori Healthy Drink yang cocok untuk kamu yang sedang diet.

monday_sweatness_es_kopi_susu_2rK.jpg
Mondaycoffee.co (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Menu lainnya yang jadi signature di kedai ini adalah. Monday Sweetness. Es Kopi Susu yang dibanderol dengan harga Rp25.000 ini punya rasa yang tidak terlalu kuat, diracik dengan komposisi special coffee beans arabica, fresh milk, brown sugar and secret recipe menu ini terasa aman untuk lambung.

Bagi Teman Traveler yang ingin merasakan sensasi menikmati kopi sambil nongkrong di dalam gudang, bisa langsung memilih kedai ini sebagai tujuan

Tags
kontributor travelingyuk kuliner bandung monday coffee co
Share