Menguak 4 Mitos Kemunculan Full Moon, Percaya Nomor Berapa?

Tepat di tanggal 12 dan 13 November 2019, Indonesia mengalami full moon yang terlihat jelas di beberapa kota. Nah, kehadiran bulan penuh ini ternyata memberi sejumlah mitos yang mengikutinya. Kira-kira, ada mitos apa saja yang berhubungan dengan full moon? Kita simak ulasan di bawah ini. 

Kucing dan Anjing Menjadi Aktif

mitos full moon
Kucing menjadi lebih aktif via shutterstock

Hal yang kerap dikaitkan dengan kemunculan bulan penuh adalah kucing dan anjing menjadi lebih aktif. Diperkirakan, dua hewan tersebut merasa ketakutan ketika bulan bersinar. Bahkan, banyak juga para ahli yang mengatakan kalau rumah sakit hewan mengalami peningkatan pasien anjing dan kucing saat kemunculan full moon. Namun, itu semua masih belum banyak terbukti, karena kemungkinan besar ada faktor lain yang membuat mereka takut, sehingga tabiat tidak seperti biasanya. 

Anak-anak Menjadi Hiperaktif 

mitos full moon
Anak lebih aktif via shutterstock

Selanjutnya, ada juga kepercayaan bahwa anak-anak akan menjadi lebih aktif pada saat full moon. Bahkan, para peneliti sudah mencoba membuktikannya apabila anak-anak cenderung akan lebih susah tidur ketika muncul bulan baru. Tapi, hal ini disebut mitos oleh banyak orang karena menurut mereka, anak-anak yang berada di sekitarnya tidak mengalami susah tidur ketika ada full moon

Nafsu Makan yang Meningkat 

Nafsu makan meningkat via shutterstock

Hal yang sering dikaitkan dengan kemunculan full moon lainnya adalah nafsu makan jadi lebih meningkat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Psikolog di Georgia State University di Atlanta, Amerika Serikat, hal ini benar-benar terjadi pada 700 orang yang diteliti. Nafsu makan mereka meningkat sekitar 8 persen pada ketika ada full moon. Tapi, hal ini masih dipertanyakan oleh banyak orang terkait kebenarannya. 

Kejahatan yang Semakin Meningkat 

Kejahatan meningkat via shutterstock

Terakhir, kejahatan juga dihubungkan dengan kejahatan yang meningkat ketika ada full moon. Psikolog DR. Arnold Lieber dan kawan-kawan dari Universitas Miami mengumpulkan data selama 15 tahun, dan memperoleh angka 1.887 pembunuhan yang terjadi pada full moon. Lalu pembunuhan ini beranjak turun ketika bulan sudah tidak muncul lagi di langit. 

Itulah mitos yang beredar saat kemunculan full moon. Mulai dari kucing yang menjadi lebih aktif sampai dengan kejahatan yang meningkat. Nah, apakah kalian percaya dengan mitos-mitos ini? Lalu, apa kalian juga pernah mendengar mitos selain di atas? Yuk share di kolom cerita. 

Tags
mitos full moon news
Share