Seperti di Indonesia, 10 Tempat Wisata di Luar Negeri ini Ternyata Juga Menyimpan Mitos!

Mitos seputar tempat wisata tidak hanya ada di Indonesia saja lho. Kepercayaan akan hal-hal supranatural nampaknya juga masih dipercayai oleh orang-orang di luar negeri bahkan di negara barat sekalipun. Sebagai buktinya 10 tempat wisata terkenal di bawah ini, walaupun beberapa diantaranya berada di negara maju tapi mitos yang menyelimuti tempat wisata ini masih eksis hingga sekarang

Setelah sebelumnya pernah mengulas tentang tempat-tempat wisata di dalam negeri yang menyimpan mitos kali ini, Travelingyuk masih akan membahas tema serupa dengan tujuan wisata di luar negeri. Siapa bilang di mitos hanya ada di Indonesia, buktinya 10 tempat wisata terkenal di luar negeri inipun memiliki mitos juga yang banyak dipercaya pengunjung.

1. Mitos Kesuburan Altar Penis Chao Mae Tuptim di Bangkok

Jika berlibur ke Bangkok cobalah berkunjung ke Nai Lert Bangkok Hotel, di pelataran hotel itu atau tepatnya di bawah pohon beringin banyak ditemukan altar berbentuk nyeleneh. Disebut dengan Altar Penis Chao Mae Tuptim yang dibuat untuk rumah para arwah yang tinggal di pohon beringin.

Altar Penis Chao Mae Tuptim di Bangkok, via instagram
Altar Penis Chao Mae Tuptim di Bangkok, via instagram

Tapi lain lagi bagi wisatawan wanita, mereka menganggapnya sebagai lambang kesuburan. Banyak dari traveler wanita yang meminta kesuburan dengan cara berdoa di depan altar nyeleneh tersebut. Pertama-tama yang harus dilakukan untuk menemukan altar ini adalah dengan masuk ke lobby hotel.

2. Mitos Keberuntungan Patung Charging Bull New York

Charging Bull adalah patung banteng yang sangat terkenal di New York. Patung ini menjadi simbol kekuatan ekonomi sehingga dijuluki sebagai Wall Street Bull. Bukan hanya keberadaannya yang mencolok tapi patung perunggu ini memiliki mitos yang membuat pengunjung penasaran.

Patung Charging Bull New York, via instagram
Patung Charging Bull New York, via instagram

Patung Charging Bull punya mitos membawa keberuntungan bagi siapa saja yang mengusap bagian hidung, tanduk dan testikelnya. Kalau kamu liburan ke Manhattan, New York dan berkunjung ke patung Charging Bull jangan heran jika banyak orang yang mengusap-usap bagian-bagian tersebut.

3. Mitos Awet Muda Mata Air Ponce De Leon, Florida

Ponce de Leon adalah mata air sekaligus kolam alami yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Mata air ini pertama kali ditemukan oleh gubernur pertama Spanyol yang namanya diabadikan untuk nama mata air tersebut. Ia percaya bahwa air ini bisa membuat orang awet muda hingga akhirnya kepercayaan tersebut eksis hingga sekarang.

Mata Air Ponce De Leon, Florida, via instagram
Mata Air Ponce De Leon, Florida, via instagram

Orang yang ingin awet muda tinggal cuci muka dan atau mandi di kolam mata air Ponce de Leon ini. Uniknya lagi mitos awet muda di tempat ini telah menjadi inspirasi dari salah satu skuel film Pirates of the Caribbean yang berjudul On Stranger Tides dimana kapten Jack mencari sumber mata air abadi.

4. Multi Mitos di Trevi Fountain Roma

Trevi Fountain atau air mancur Trevi di Roma, Italia juga punya mitos yang sangat melegenda dan dipercaya banyak pengunjung. Menariknya mitosnya bukan hanya satu tapi ada tiga yang intinya air mancur ini bisa mengabulkan keinginan orang. Caranya dengan mengucapkan harapan dibarengi melempar koin ke kolam.

Trevi Fountain Roma, via instagram
Trevi Fountain Roma, via instagram

Jika satu koin berarti orang tersebut akan kembali ke Roma, dua koin berarti yang bersangkutan akan bertemu jodohnya dan jika tiga koin orang tersebut akan segera menikah. Sayang tradisi lempar koin ini sekarang sudah dilarang dengan alasan dapat merusak kolam air mancur yang sangat bersejarah tersebut.

5. Mitos Pengabul Permintaan Tugu Karnak, Mesir

Mesir sebagai salah satu daerah yang dikenal memiliki peradaban tertua di muka bumi banyak menyimpan peninggalan bersejarah yang semuanya diselimuti dengan kisah mistis dan segudang mitos. Salah satunya adalah Kuil Karnak yang terletak di Kota Luxor.

Kuil Karnak punya tugu besar yang dipercaya dapat mengabulkan permintaan manusia. Tugu tersebut memiliki ukiran yang mengisahkan kehidupan setelah mati. Agar permintaan bisa dikabulkan seseorang harus mengelilingi tugu sebanyak tujuh kali berlawanan arah jarum jam. Terdengar mengada-ada? Tapi banyak traveler yang melakukannya untuk membuktikan kebenaran mitos tersebut.

6. Mitos Jodoh Jabal Rahmah Mekkah

Tempat paling suci umat Islam ini pun ternyata juga menyimpan mitos yang banyak dipercaya oleh para jemaah haji ataupun umroh. Tepatnya berada di Jabal Rahmah, sebuah bukit tandus dan berbatu yang dipercaya sebagai tempat bertemunya nabi Adam dan Siti Hawa setelah terpisah selama puluhan tahun saat mereka diturunkan ke bumi.

Jabal Rahmah Mekkah, via instagram
Jabal Rahmah Mekkah, via instagram

Jabal Rahmah dikenal dengan julukan sebagai Bukit Jodoh. Di puncak bukit ini pula muncul mitos dan kepercayaan mendoakan pasangan agar disatukan atau buat yang masih jomblo berharap segera dipertemukan dengan jodohnya. Sayangnya dengan adanya mitos tersebut membuat kawasan Jabal Rahmah menjadi kotor banyak vandalisme di bebatuannya lantaran banyak orang yang menuliskan nama jodoh mereka di batu tersebut.

7. Mitos Awet Jodoh Jembatan Hohenzollern Jerman

Sudah tahu tradisi gembok cinta kan? Nah, tradisi tersebut bukan hanya ada di Paris namun juga bisa ditemukan di Jerman tepatnya di jembatan Hohenzollern yang terletak di kota Cologne. Jembatan tua ini selain digunakan sebagai pejalan kaki dan perlintasan kereta api, pagarnya juga dijadikan media untuk menambatkan gembok cinta.

Jembatan Hohenzollern Jerman, via instagram
Jembatan Hohenzollern Jerman, via instagram

Gembok-gembok yang jumlahnya tidak terhitung tersebut disematkan tulisan nama pasangan dengan harapan hubungan mereka langgeng kemudian kuncinya dibuang ke Sungai Rheine yang ada di bawahnya. Mitos seperti ini masih banyak dipercaya oleh wisatawan, buktinya di sepanjang pagar jembatan tersebut bisa dijumpai banyak sekali gembok yang tergantung.

8. Mitos Cinta Abadi Jembatan Luzhkov Moskow

dari Jerman pindah ke Rusia, tepatnya di Kota Moskow juga ada daerah yang kental dengan mitos cinta abadinya yaitu Jembatan Luzhkov. Jembatan ini juga menjadi tempat untuk menggantungkan gembok cinta lambang dari cinta yang tak pernah usang. Berbeda dengan jembatan Hohenzollern di Jerman, bukan pagar yang digunakan untuk menggantung gembok namun pemerintah setempat memfasilitasi dengan membangun tiang khusus.

Jembatan Luzhkov Moskow, via instagram
Jembatan Luzhkov Moskow, via instagram

Tiang-tiang tersebut dipenuhi oleh gembok-gembok lengkap dengan nama pasangan yang meminta hubungan cintanya langgeng. Saking banyaknya tiang-tiang tersebut sampai terlihat seperti pohon yang berdaun gembok. Saking uniknya kawasan ini tak jarang pula disewa untuk menggelar pesta pernikahan lho.

9. Mitos Cinta Abadi Namsan Tower Korea Selatan

Kebanyakan mitos yang ada di tempat wisata di luar negeri berhubungan dengan cinta abadi dan tak jauh-jauh pula dengan tradisi gembok cinta. Satu lagi yang begitu percaya dengan kekuatan magis gembok cinta yaitu kawasan wisata Namsan Tower di Seoul, Korea Selatan. Menara setinggi 235 meter dan dibangun 1975 ini juga tak luput dari kebiasaan traveler menggantungkan gembok cinta.

Namsan Tower Korea Selatan, via instagram
Namsan Tower Korea Selatan, via instagram

Tradisi itu bermula dari sepasang artis Korea yang memasang gembok cinta di menara tersebut lantaran terinspirasi dari gembok cinta yang telah melegenda di berbagai dunia. Lambat laut banyak wisatawan yang menirukannya hingga menumpuklah gembok-gembok tersebut di puncak menara. Sampai-sampai pihak pengelola menyediakan tempat khusus untuk membuang kunci agar tidak berserakan.

10. Mitos Jodoh Patung Juliet di Verona, Italia

Tempat wisata terakhir yang juga memiliki mitos adalah patung Juliet yang terletak di kota Verona, Italia. Di kota ini terdapat rumah Juliet di mana pada salah satu sudut tempat ini terdapat patung Juliet yang menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi.

Patung Juliet di Verona, Italia, via instagram
Patung Juliet di Verona, Italia, via instagram

Wisatawan banyak yang mengerubungi patung tokoh cerita yang menjadi lambang cinta sampai mati tersebut. Yang mengherankan tanpa rasa malu para pengunjung banyak yang memegang payudara patung Juliet. Bukan karena mereka berfikiran mesum tapi ternyata ada mitos yang melatar belakangi aktivitas tersebut yakni barang siapa memegang payudara patung Juliet maka bisa cepat dapat jodoh. Jangan kaget jika bagian payudara patung ini terlihat lebih kusam dibanding bagian lainnya. Pernah mengunjungi salah satu tempat wisata bermitos ini?

Tags
Amerika Serikat bangkok Florida Italia jerman Korea Selatan Luar negeri Mekkah mistis Moskow new york Roma Wahana Wisata
Share