Penjelasan Tentang Misteri Susuk, Asal-usul dan Jenisnya

no image available

no image available

Advertisement

Beberapa waktu yang lalu viral tentang misteri penggunaan susuk pada seseorang yang melakukan sinar X atau X-Ray. Foto yang menunjukkan benda seperti jarum di dalam tubuh seseorang ramai diperbincangkan warganet. Berita viral tersebut bermula dari unggahan akun instagram @tasyabira melalui fitur instastory. Saking viralnya bahkan kata susuk sampai menempati posisi trending topic di twitter. 

Dalam foto yang beredar di dunia maya tersbut diketahui jika benda kecil panjang tersebut diduga adalah susuk. Lalu apa sih sebenarnya susuk ini? Ternyata susuk ini dikenal sebagai charm needles dalam bahasa inggris dan saat ini telah ada sebagian studi yang secara khusus mempelajari hal ini. Susuk bukanlah hal baru, prakteknya sudah dilakukan sejak zaman dulu untuk berbagai tujuan. Ada juga kepercayaan yang menganggap jika susuk termasuk dalam ilmu hitam seperti santet dan pelet. 

Studi tentang Susuk pun juga dibagikan oleh pemilik akun @tasyabira untuk menguatkan bukti-bukti tentang misteri di balik penggunaan susuk. “Dipasangnya sama dukun atau ‘orang pinter’ Fungsinya apa? Biar orang pas liat bisa kesemsem pokoknya pas liat orang ini serasa pengen dijadiin ultimate bias lah wkwkwk, atau bikin awet muda, sukses kariernya, jauh dari bahaya, banyak deh,” ungkap @tasyabira di instastory Instagram. 

Susuk adalah sebuah cara atau upaya memasukkan benda asing ke dalam tubuh seseorang dengan ilmu spiritual tertentu. Fungsinya sendiri banyak, yang paling umum adalah untuk memikat orang lain dan membuat pemakai susuk penuh dengan daya tarik. Mulai dari penarik lawan jenis, penambah daya tarik, hingga kekuatan pada fisik. Bentuk dari susuk sebenarnya beragam, namun secara umum seperti jarum kecil dan terbuat dari logam seperti emas.

Penggunaan susuk bukan tanpa efek samping, ada pantangan-pantan tertentu yang harus dijauhi pengguna susuk. Jika sampai melanggar nyawa bisa menjadi taruhannya. Secara medis, keberadaan susuk dalam tubuh yang ‘asing’ bisa menyebabkan komplikasi walaupun resikonya kecil. Penemuan susuk dalam x-Ray atau tubuh pun bukan hal baru dalam dunia kedokteran. Biasanya jika tidak mengganggu kesehatan maka dokter akan mengabaikannya. Jenis-jenisnya pun banyak. Sebagian di antaranya adalah Susuk Emas, Susuk Perak, Susuk Besi, Susuk Raksa, Susuk Berlian, Susuk Susu, Susuk kuningan 

Advertisement
Tags
Budaya culture horor susuk
Share