Rahasia Seputar Pesawat yang Akhirnya Terpecahkan

Bagi kamu yang masih bertanya dengan hal-hal sepele tapi misterius tentang pesawat, selamat kamu membaca artikel yang tepat untuk menemukan jawaban dari berbagai fenomena selama ini. Apa saja misteri dan rahasia dari sebuah besi terbang satu ini? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Merokok di Dalam Pesawat?

Merokok
Merokok [image source]
Ternyata menghidupkan cerutu di dalam pesawat bisa menyebabkan kebakaran.Misalnya disebabkan percikan api ketika pemantik dinyalakan, bara yang terjatuh ketika rokok dihisap atau puntung yang tidak benar-benar mati. Kendati dilarang, beberapa maskapai tetap menyediakan asbak di dalam toilet. Bukan untuk memperbolehkan, tapi mereka mengantisipasi kenakalan dan ketidaktahuan penumpang yang dapat menyebabkan kecelakaan.

2. Makanan di Pesawat Selalu Hambar

Makanan di Pesawat
Makanan di Pesawat [image source]
Bukan karena sang koki tak jago masak, ternyata rasa makanan dalam pesawat yang tidak karuan ini dikarenakan tekanan udara yang lebih rendah dan kering di bandingkan dengan tekanan udara di darat. Tidak hanya itu saja, sepertiga kemampuan lidah kita untuk mengecap makanan juga berkurang. Sehingga tak heran jarang sekali orang yang makan di atas pesawat.

3. Handphone Dimatikan, Harus ya?

Handphone di Pesawat
Handphone di Pesawat [image source]
Aturan satu ini dibuat bukan tanpa alasan. Ternyata menyalakan telepon genggam dan alat elektronik lainnya bisa berefek buruk pada penerbangan, terutama sinyal yang bertabrakan dengan alat komunikasi pilot. Selain itu, gelombang dari elektromagnetik handphone juga mengganggu peralatan elektronik pesawat. Belakangan ini banyak sekali telepon celular yang sudah tersedia fitur flight mode. Kendati teknologinya cukup canggih, tetap saja mematikan barang elektronik satu ini lebih aman bukan?

4. Pesawat dan Petir yang Menyambar

Petir dan Pesawat
Petir dan Pesawat [image source]
Jika takut naik pesawat karena petir, kamu perlu tahu fakta ini. Sebelum layak untuk terbang, ternyata pesawat harus melewati uji kelayakan terlebih dahulu. Sambaran petir akan diteruskan ke bagian ekor melalui aluminium di badannya. Jadi, meskipun terlihat mengerikan ketika disambar petir, transportasi udara ini akan mendarat dengan utuh.

5. Lampu Kabin yang Diredupkan Saat Lepas Landas dan Landing

Lampu Kabin
Lampu Kabin [image source]
Ya, waktu lepas landas dan landing pesawat adalah saat-saat kritis dalam penerbangan, apalagi ketika senja, malam atau pun dini hari. Dengan lampu yang redup, mata penumpang bisa cepat menyesuaikan dengan lingkungan jika terjadi kondisi darurat. Bahkan evakuasi akan lebih mudah lantaran penumpang tidak begitu panik karena matanya sudah terbiasa dengan kondisi gelap.

Banyak sekali aturan-aturan yang diterapkan demi keselamatan penumpang. Dari mulai naik hingga turun, termasuk di bandara. Namun, ada saja tingkah konyol pengguna bandara yang bandel dan bikin ngelus dada.

Tags
Indonesia PEsawat
Share