Miss Grand Malaysia Contek Wayang Indonesia, Tengok Desa Wisata Wayang di Wukirsari Bantul

Miss Grand Malaysia baru-baru ini dituduh contek wayang Indonesia karena memakai kostum nasional bertema wayang kulit pada ajang pemilihan Miss Grand Internasional 2019. Berbicara tentang wayang, teman- teman bisa mengunjungi destinasi wisata wayang di Wukirsari Bantul, penasaran gimana serunya? simak ulasan berikut ini.

Desa Pengrajin Wayang

Proses Pembuatan Wayang via Shutterstock

Didirikan oleh Paguyuban Pengrajin Wayang Kulit Pucung, Desa yang berada pada Desa Pucung Kelurahan Wukirsari, Bantul ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda agar mereka tahu, memahami dan peduli terhadap kebudayaan Indonesia.

Wisata Sungging, Mempelajari Budaya Nenek Moyang

Wisata Sungging via Instagram carolcaptured

Desa Wisata Wayang ini memiliki beberapa pilihan paket wisata, ada wisata sungging yaitu Teman Traveler akan diajarkan cara pembuatan wayang sungging. Di mana merupakan warisan budaya nenek moyang, konon pembuatan wayang sungging sudah ada sejak satu abad yang lalu.

Pagelaran Wayang Orang

Pagelaran Wayang Orang via wisatawayang

Teman Traveler juga bisa melihat pagelaran wayang orang lengkap dengan dalang dan musiknya. Wayang orang atau disebut dengan wayang wong adalah pertunjukan wayang menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang. Ada dua wisata lagi yang dapat di nikmati.

Wisata tatah yaitu melihat proses pembuatan wayang dengan metode tatah. Kemudian jika Teman Traveler ingin menginap di Desa Wisata Wayang ini pun juga bisa. Ada paket wisata homestay, merasakan sensasi desa budaya selama 3 hari 2 malam.

Wisata Lain di Bantul

Hutan Pinus Mangunan via Instagram yogyakarta

Daerah Bantul mempunyai pilihan wisata yang dapat Teman Traveler datangi. Seperti Wisata Hutan Pinus Mangunan yang berada Mangunan Kecamatan Dlingo, Bantul. Hutan pinus ini sangat banyak peminatnya karena dijadikan spot berfoto, sangat cocok bagi Teman Traveler yang mempunyai hobi fotografi.

Banyak juga wisata lain yang dapat dikunjungi, antara lain Kebun buah mangun yang terkenal dengan spot fotonya di atas bukit menghadap ke kebun buah dan aliran sungai Oyo. Ada pantai Kwaru, Gua cerme, Gumuk Pasir dan Parangtritis yang legendaris. Teman Traveler Jangan lupa kunjungi saat pergi ke Bantul ya!

Demikian ulasan Wisata Wayang di Wukirsarim, Bantul. Sebagai generasi penerus bangsa Teman Traveler perlu untuk bersama-sama mengembangkan kebudayaan Indonesia salah satunya adalah wayang. Ayo lestarikan Kebudayaan Indonesia!

Tags
Bantul budaya indonesia Indonesia Jogja
Share