Mirota Hamzah Batik, Tempatnya Oleh-oleh Unik Jogja

Selain bakpia, batik juga jadi salah satu oleh-oleh khas Jogja. Nah, buat Teman Traveler yang masih bingung soal tempat batik terbaik saat liburan di Jogja, jangan khawatir. Langsung saja meluncur ke toko Mirota Hamzah Batik.

Toko batik legendaris ini masih satu kawasan dengan Malioboro, sangat mudah dijangkau dari berbagai sudut Jogja. Di sini Teman Traveler juga bisa menemukan beragam cendera mata dan pernak-pernik unik khas Kota Gudeg. Yuk, kita simak ulasan soal Mirota Hamzah Batik selengkapnya.

Eksis Sejak 1980

20190724_152138_Eq4.jpg
Papan nama toko (c) Anggraini/Travelingyuk

Mirota Hamzah Batik beralamat di Jalan Margo Mulyo. Tokonya berada tepat di depan Pasar Beringharjo. Toko batik yang sudah eksis sejak 1980 ini kerap jadi tujuan utama para pelancong yang ingin berburu oleh-oleh khas Jogja.

Selain batik, Mirota juga menjual beragam kerajinan unik khas Kota Gudeg. Teman Traveler bisa membeli aksesori menarik seperti batik, wayang, patung, gelang, serta kalung. Bahkan ada juga produk perawatan tubuh seperti sabun dan masker kecantikan tradisional ala Putri Keraton.

20190724_152724_F3o.jpg
Deretan oleh-oleh minuman instan (c) Anggraini/Travelingyuk

Ingin mencari oleh-oleh berupa kuliner khas? Tenang saja, Teman Traveler juga bisa mendapatkannya di Mirota. Toko legendaris ini juga menjual bubuk bandrek, secang, wedang uwuh, serta bajigur. Semuanya dikemas praktis dalam bentuk sachet. Bisa diseduh kapanpun saat hendak dinikmati.

Tawarkan Suasana Unik

20190724_153031_yyH.jpg
Bagian dalam toko (c) Anggraini/Travelingyuk

Begitu sampai di pintu masuk, Teman Traveler akan disambut pegawai Mirota yang mengenakan pakaian khas Jawa. Baru sebentar melangkahkan kaki, kalian bakal menyadari satu hal lain yang tak kalah menarik. Yap, semerbak wangi bunga dan dupa. Alih-alih menciptakan nuansa mistis, kedua unsur tersebut justru hadirkan atmosfer khas ala Jawa yang menenangkan.

Interior toko juga tak kalah unik. Di beberapa sudut terdapat sejumlah dekorasi antik seperti sepeda onthel, lukisan, dan piano. Khusus yang disebut terakhir, biasanya dimainkan di hari-hari tertentu untuk menghibur para tamu.

Satu lagi yang tak kalah menarik adalah kehadiran wanita pembatik di dalam toko. Teman Traveler bisa menyaksikan langsung proses pembuatan batik sembari memilih oleh-oleh terbaik untuk sanak keluarga di rumah.

Berburu Oleh-Oleh

20190724_154546_DyU.jpg
Beragam pilihan aksesori kalung (c) Anggraini/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang mencari oleh-oleh pakaian batik, bisa langsung meluncur ke lantai satu. Di sini kalian akan temukan beragam busana batik pria dan wanita. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Semuanya dibuat dengan kualitas tinggi, sesuai standar Internasional.

Masih di lantai sama, Teman Traveler juga bisa melihat-lihat aneka produk perawatan kulit tradisional. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari masker bengkoang, bedak dingin, minyak kemiri, dan masih banyak lagi.

Beragam minuman sachet tradisional juga bisa dibeli di sini. Jika ingin, Teman Traveler bisa mampir sejenak untuk mencicipi secangkir jamu tradisional. Harganya murah kok, hanya Rp2.000 per gelas.

Jika ingin membeli souvenir dan benda-benda unik, Teman Traveler bisa langsung menuju lantai dua. Di sini ada banyak mainan anak tradisional, wayang, kalung, gelang, serta beragam pernik menarik lainnya.

Mampir ke Raminten

Perut keroncongan usai berbelanja? Tenang, Teman Traveler bisa langsung mampir ke Restoran Raminten yang ada di lantai tiga. Di sini kalian bisa nikmati aneka makanan dan minuman unik dengan harga bersahabat. 

Uniknya, tiap Jumat dan Sabtu malam mereka bakal menghadirkan pertunjukan ‘Raminten Cabaret Show’. Pagelaran menarik ini biasanya dihelat mulai pukul 19.00 hingga 20.30. Pastikan untuk tidak melewatkannya.

Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan berburu oleh-oleh di Mirota Hamzah Batik. Jika Teman Traveler sedang keliling wisata Jogja, pastikan jangan lupa mampir ke sini untuk mendapatkan aneka aksesoris dan buah tangan menarik untuk keluarga di rumah.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share