Minuman Segar di Makassar dari Tradisional Sampai Kekinian, Hati-hati Ketagihan!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Minuman segar di Makassar, dari yang tradisional hingga kekinian, bisa jadi senjata andalan untuk halau panasnya kota ini. Teman Traveler yang kewalahan dengan suhu di Kota Daeng, coba minuman-minuman di bawah ini! Tapi, hati-hati ketagihan dengan segarnya ya. Penasaran dan sudah nggak sabar untuk tahu apa-apa saja minuman enak kota ini? Simak ulasan berikut ya!

1. Palu Butung

Es Palu Butung dari Pisang Raja via Instagram
Es Palu Butung dari Pisang Raja via Instagram/ genikayu

Palu Butung, minuman segar di Makassar yang pas disantap siang-siang ini terbuat dari campuran bubur tepung beras, pisang raja, sirup dan es. Campuran bahan-bahan tersebut, membuat rasa minuman satu ini cukup unik. Selain menyegarkan tenggorokan, rupanya juga bisa mengenyangkan. Palu Butung mudah ditemui di penjuru Kota Makassar. Teman Traveler tidak akan kesulitan jika ingin mencobanya.

2. Sarabba

Sarabba, Menghangatkan Sekaligus Menyehatkan via Instagram/
Sarabba, Menghangatkan Sekaligus Menyehatkan via Instagram/ nilma.92

Jalan-jalan di Kota Makassar pada malam hari, Teman Traveler harus coba minuman yang satu ini! Namanya Sarabba! Minuman ini kaya dengan rempah, di antaranya jahe, kayu manis, biji pala bubuk, merica bubuk, gula jawa, santan dan kuning telur kampung. Dari kandungannya, Sarabba dapat bantu menghangatkan tubuh serta meringankan flu dan masuk angin.

3. Pisang Hijau

Pisang Hijau yang Menyegarkan dan Mengenyangkan via Instagram
Pisang Hijau yang Menyegarkan dan Mengenyangkan via Instagram/ e_ndro

Ini dia primadona minuman segar di Makassar tradisional yang namanya sudah cukup terkenal; Pisang Hijau. Bahan campuran yang disajikan dalam semangkuk Pisang Hijau, hampir sama dengan Palu Butung, bedanya, pisang di dalam seporsi minuman ini dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau.

Selain itu ada tambahan kacang tanah sangrai yang membuat minuman ini semakin unik di dalam mulut.

4. Sirup Markisa

Sirup Markisa yang Rasanya Asam-asam Segar
Sirup Markisa yang Rasanya Asam-asam Segar via Instagram/ tuku.wo

Buah Markisa tumbuh dengan baik di Sulawesi Selatan. Terutama di Kabupaten Gowa, Kelurahan Malino. Panen markisa yang melimpah, diolah menjadi minuman yang punya citarasa berbeda dengan markisa di daerah lain. Sirup Markisa asli Makassar melalui 8 tahapan pengolahan. Mulai dari pencucian, ekstraksi sari buah hingga pengemasan dalam botol dan pasteurisasi. Rasanya asam, tapi sungguh menyegarkan. Teman Traveler wajib coba saat berlibur ke sini ya!

5. Sirup Pisang Ambon

Segarnya Sirup DHT via Instagram/
Segarnya Sirup DHT via Instagram/ dhtmakassar

Sirup pisang ambon, banyak dicari saat bulan puasa tiba. Sirup ini dapat diminum langsung dengan campuran es dan air. Atau bisa juga dicampur dengan berbagai minuman lain, seperti es pisang ijo atau es buah. Sirup Pisang Ambon atau DHT, terbuat dari gula, air dan bahan  penambah citarasa. Warnanya merah menyala, mudah sekali menggoda.

6. Mocktail ala Makassar

Mocktail ala Makassar yang Dikemas Kekinian via Instagram
Mocktail ala Makassar yang Dikemas Kekinian via Instagram/ goodkedai.gowa

Minuman segar di Makassar kekinian juga tidak boleh dilewatkan saat liburan ke kota ini. Mocktail ala Makassar salah satu yang hits di kalangan anak mudanya. Dikemas dengan plastik yang tidak kalah kekinian, minuman dengan campuran buah-buahan seperti nanas, strawberi, lime dan mint ini sangat menyegarkan. Cocok diminum siang-siang.

7. Es Kopi Matcha

Es Kopi Matcha, yang Pasti Bikin Penasaran Kalau Nggak Dicicipi via Instagram
Es Kopi Matcha, yang Pasti Bikin Penasaran Kalau Nggak Dicicipi via Instagram/ uluindonesia

Teman Traveler yang hobi minum kopi, Es Kopi Matcha dari salah satu kedai kopi kekinian di Makassar ini bisa dicoba. Salah satu pilihannya yang cukup hits adalah Es Kopi Matcha. Kopi yang digunakan untuk minuman ini adalah 100% biji arabica. Kopi tersebut diatur lebih ringan, jadi cocok diminum oleh banyak kalangan.

8. Ube Latte

Ube Latte, Minuman Ubi Ungu yang Wajib Dicoba via Instagram/
Ube Latte, Minuman Ubi Ungu yang Wajib Dicoba via Instagram/ origins.authentic

Selanjutnya, minuman segar di Makassar berlabel kekinian yang harus Teman Traveler coba saat berkunjung ke sini adalah Ube Latte. Ubi ungu yang manis, diolah hingga menjadi minuman yang menyegarkan. Dan yang pasti sehat karena kandungan Vitamin A, C dan E di dalam ubinya. Combo ya!

Minuman segar di Makassar ini sangat menggoda, kan? Setelah kenyang dengan Coto atau Pallubasa, Teman Traveler bisa memilih minuman-minuman ini sebagai penutupnya.

Apakah ada salah satu yang jadi favoritmu? Jangan lupa komen menu kesayanganmu untuk hadiah menarik dari Travelingyuk. Komentar paling menarik akan mendapat hadiah yang diumumkan pada tanggal 10 November 2018 di artikel ini. Kami tunggu ya!