Ragam Minuman untuk Sajian Idul Fitri, Indahnya Berbagi di Hari yang Suci

Saat Hari Raya Idul Fitri, tak hanya aneka kue kering saja yang meramaikan jamuan untuk tamu. Ragam minuman segar juga menjadi pelengkap untuk sajian yang ditujukan kepada tamu yang bersilaturahmi di rumah. Nah, buat kamu yang sekarang ini sekiranya sedang bingung mencari inspirasi minuman apa saja yang bisa disajikan sebagai menu saat Hari Raya Idul Fitri, yuk melipir ke sini. Berikut ini beberapa contoh ragam minuman sajian lebaran yang bisa dipilih.

Koktail Buah

Koktail buah, Via Instagram fridajoincoffee
Koktail buah, Via Instagram fridajoincoffee

Koktail buah merupakan minuman yang seringkali ada dalam sajian menu lebaran. Biasanya terbuat dari bahan-bahan yang dipadukan dengan sirup yang disajikan dengan es batu. Untuk membuat rasanya makin nikmat, sebagian orang menambahkan susu kenyal manis, santan ataupun juga minuman berkarbonasi. Rasanya manis, asam, dan juga segar.

Es Nata de Coco

Es nata de coco, Via Instagram susie.agung
Es nata de coco, Via Instagram susie.agung

Minuman lain yang bisa menjadi inspirasi sajian kala Idul Fitri adalah es nata de coco. Dicampur dengan sirup dan es nata de coco seringkali menjadi primadona saat lebaran. Ada juga yang ditambah beberapa bahan lainnya, misalnya saja biji selasih dan juga irisan lemon. Rasanya kenyal, manis dan sangat menyegarkan. Cara pembuatannya juga sangat mudah, sehingga kamu tidak perlu bersusah payah membuat minuman menyegarkan satu ini.

Sop Buah

Sop buah, Via Instagram esmanalagi
Sop buah, Via Instagram esmanalagi

Hampir mirip dengan koktail buah ada sop buah yang juga memiliki rasa nikmat dan sehat. Potongan buah yang beranekaragam membuat minuman ini jadi makin disukai. Untuk jenis buahnya sendiri bermacam-macam yang bisa digunakan. Mulai dari semangka, melon, buah naga, timun suri, alpukat, pepaya dan lain-lain.

Es Timun Suri

Es timun suri, Via Instagram fitritjhen
Es timun suri, Via Instagram fitritjhen

Timun suri merupakan salah satu jenis buah yang identik dengan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan buah satu ini sebagai menu yang bakal disajikan untutk menu lebaran nanti. Rasanya sangat menyegarkan, cocok diminum saat dahaga selepas bersilaturahmi ke tetangga.

Es Blewah

Es blewah, Via Instagram le_montminli
Es blewah, Via Instagram le_montminli

Tak kalah segar dari es timun suri ada es blewah. Tidak membutuhkan banyak bahan, hanya blewah, gula ataupun sirup dan es batu saja sudah menjadi minuman yang sangat menyegarkan tenggorokan. Karena tidak dicampur dengan susu ataupun santan, rasanya menyegarkan dan tidak berat. Es blewah ini juga menjadi salah satu primadona saat puasa.

Es Cendol

Es cendol, Via Instagram warungipang.bali
Es cendol, Via Instagram warungipang.bali

Tapi bagi kamu yang gemar menyantap minuman gurih dan menyegarkan ada es cendol. Ada yang menyebutnya sebagai es cendol ataupun juga es dawet. Minuman ini memiliki rasa gurih dan begitu menyegarkan. Perpaduan antara santan, gula dan juga cendol yang terbuat dari tepung beras ataupun tepung pati. Rasanya sangat nikmat, dan banyak versinya di berbagai daerah di Indonesia.

Es Sirup

Es sirup, Via Instagram netijuwarnita
Es sirup, Via Instagram netijuwarnita

Buat kamu yang tidak ingin ribet, ada minuman yang rasanya enak dan menyegarkan serta pembuatannya sangat mudah. Kamu bisa membuat es sirup dari berbagai merk yang sudah tersedia. Rasanya bermacam-macam, tinggal pilih satu yang paling disuka tinggal campurkan dengan air putih dan es baru, sudah jadi dan bisa menjadi sajikan untuk menemani berbagai kue lebaran.

Nah, kalau di daerahmu minuman apa yang sering menjadi sajian untuk teman kue-kue lebaran?

Tags
menu lebaran minuman sajian lebaran
Share