Tempat Berburu Minuman Legendaris di Jogja, Pelepas Dahaga Saat Jalan-jalan

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram depepedia Via Instagram depepedia

Jalan-jalan ke Kota Gudeg, Jogja kurang lengkap jika tidak mencicipi berbagai kulinernya. Terlebih lagi berbagai kuliner legendaris yang terdapat di sana. Tak hanya berupa makanan saja yang sudah bertahan puluhan tahun, namun banyak pula minuman legendaris yang perlu dicicipi kenikmatannya. Jika kamu sedang merencanakan jalan-jalan ke Kota Gudeg, berikut ini 5 tempat minuman legendaris di Jogja yang bisa untuk didatangi.

Es Dawet Pak Slamet

Es Dawet Pak Slamet, Via Instagram ceritamakan
Es Dawet Pak Slamet, Via Instagram ceritamakan

Untuk bisa mencicipi Es Dawet Pak Slamet, kamu bisa datang ke emperan toko yang terdapat di Jl. Sonosewu, Jogja. Ini merupakan dawet di Jogja yang sudah berjualan sejak tahun 1983 lalu. Seporsi es dawet dingin yang bisa melepaskan dahaga. Pasalnya, jam buka Es Dawet Pak Slamet ini mulai pukul 10:00-15:00 WIB. Jam-jamnya orang sedang kepanasan dan perlu menyantap yang segar-segar.

Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Es Krim Pak Nardi, Via Instagram nurrahmanpambudi
Rujak Es Krim Pak Nardi, Via Instagram nurrahmanpambudi

Perpaduan dua hal yang tak biasa, rujak dan juga es krim yang sangat cocok sekali untuk dicoba kenikmatannya. Rujak Es Krim Pak Nardi ini sudah berjualan sejak tahun 1978. Buat para penggemarnya, rujak es krim ini memiliki rasa yang segar, enak dan satu lagi keunggulannya yakni murah. Sementara itu untuk lokasi jualnya sendiri berada di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualam, Jogja.

Es Buah PK

Es Buah PK, Via Instagram javafoodie
Es Buah PK, Via Instagram javafoodie

Berlokasi di Jl. Pakuningratan No. 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja, Es Buah PK ini telah berdiri sejak tahun 1973 yang lalu. Kelezatan dan kenikmatan es buah di sini membuat banyak orang rela antri panjang. Biasanya, dalam seporsi es buah ini akan ada irisan buah nangka, kelapa muda, alpukat, susu cokelat, cincau hitam, sawo, susu kental manis, dan satu hal lagi yakni serutan es.

Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang Tahu Bu Sukardi, Via Instagram wowstreetfoods
Wedang Tahu Bu Sukardi, Via Instagram wowstreetfoods

Ada juga Wedang Tahu Bu Sukardi yang cukup memiliki banyak penggemar. Waktu 9 tahun sudah cukup lah ya menyebut Wedang Tahu Ibu Sukardi ini sebagai salah satu legenda di Jogja. Bu Sukardi mulai berjualan sejak tahun 2009 yang lalu. Gerai Bu Sukardi berada di 5 tempat yang berbeda. Namun yang bisa dibilang laris manis di Jl. Kranggan No. 75, Cokrodiningrat, Jetis, Jogja.

Wedang Ronde Mbah Payem

Wedang Ronde Mbah Payem, Via Instagram jogjakakilima
Wedang Ronde Mbah Payem, Via Instagram jogjakakilima

Minuman legendaris di Jogja selanjutnya ada Wedang Ronde Mbah Payem yang sudah berjualan sejak tahun 1965 lalu. Kamu bisa menemui wedang ronde ini di Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Jogjakarta. Wedang ronde ini jadi salah satu yang melegenda dan konon pernah menjadi langganan dari mantan Presiden Soeharto.

Jika ingin mencicipi berbagai minuman legendaris di Jogja, 5 tempat di atas bisa banget untuk didatangi. Ada yang bentuk dingin ada pula yang hangat. Tinggal pilih mana yang sesuai selera saja.