Minuman Khas Papua, Bikin Dahaga Hilang Seketika

Membahas kuliner Papua, salah satu yang paling kondang di berbagai penjuru Nusantara tentu saja papeda. Padahal jika dikulik lebih dalam akan lebih banyak makanan yang bisa dicoba. Misalnya saja sate ulat sagu, ikan bakar manokwari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak berhenti di makanan, minuman khas Papua juga perlu dieksplorasi.

Minuman Sunset Papua

Sunset Papua, Foto Istimewa
Sunset Papua, Foto Istimewa

Namanya adalah sunset Papua yang merupakan kombinasi jus jeruk di bagian bawah dan jus wortel di atas. Karena itulah ada degradasi warna yang menyerupai matahari terbenam. Buat kamu yang selama ini sering mengonsumsi jus jeruk dan wortel, maka tak perlu adaptasi lagi. Rasanya enak, apalagi ditambah dengan es akan makin segar. Buat yang suka manis bisa diberi gula untuk membuat rasanya makin mantap.

Es Buah Matoa

Es buah matoa, via Instagram/aisyah_fs_fs
Es buah matoa, via Instagram/aisyah_fs_fs

Buat kamu yang lelah jalan-jalan dan ingin menyantap yang segar, es buah matoa khas Papua. Bahan-bahan pembuatnya antara lain kolang kaling, cincau hitam, agar-agar, biji selasih, biji pala, dan tak ketinggalan ada buah matoa. Untuk citarasanya, minuman ini akan memberikan kombinasi manis, asam, dan segar. Disarankan untuk mencicipi minuman ini ya Teman Traveler, karena buah matoa tidak ada di sembarang tempat.

Swansrai Papua

Swansrai, via Instagram/filipus_eiuswa
Swansrai, via Instagram/filipus_eiuswa

Kemudian ada yang namanya swansrai yang biasanya disuguhkan untuk tamu. Ini merupakan minuman yang biasanya disuguhkan menggunaan batok kelapa. Tidak main-main, untuk membuat minuman ini akan dilakukan fermentasi terhadap air kelapa pada pohon yang sangat tua kemudian diambil airnya.

Namun buat kamu yang tak bisa mengonsumsi minuman memabukkan, hati-hati saat mengonsumsinya. Karena di dalam minuman khas Papua ini terdapat alkohol sebesar 20 sampai 30 persen.

Sari Sarang Semut

Sari sarang semut, via Instagram/prismandhaniezamzam
Sari sarang semut, via Instagram/prismandhaniezamzam

Satu lagi minuman dari Papua yang perlu kamu coba, namanya adalah sari sarang semut. Ini sebenarnya obat herbal yang banyak dijadikan minuman. Selain membuat dahaga hilang, minuman ini digadang-gadang memberikan banyak manfaat kesehatan. Karena di dalam sarang semut terdapat banyak sekali nutrisi mulai dari polifenol, flavonoid, tanin, dan lain-lain yang bagus untuk menunjang kesehatan.

Bumi Cendrawasih memang begitu istimewa ya Teman Traveler. Baik alamnya, orang-orangnya serta kuliner di dalamnya. Yuk nabung dulu supaya impian jalan-jalan ke Papua bisa segera terlaksana.

Tags
Indonesia minuman khas Papua Papua
Share