Ragam Minuman Kegemaran Presiden Indonesia, Pak Jokowi Apa ya?

Bahasan mengenai presiden, selalu saja berhasil menyedot perhatian banyak orang. Tidak hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi), hal-hal berkaitan dengan Presiden Indonesia sebelumnya juga menarik. Dari segi kulineran, yuk intip ragam minuman kegemaran Presiden Indonesia. Siapa tahu sama dengan minuman favoritmu ya Teman Traveler. Apa saja, ya.

Presiden Jokowi

Jokowi suka minum jamu, kolase Travelingyuk
Jokowi suka minum jamu, kolase Travelingyuk

Presiden Jokowi selama ini kondang dengan sikapnya yang sederhana. Dalam hal minuman kegemaran, ia juga sama. Favoritnya adalah jamu yang hampir setiap hari dikonsumsinya. Hal tersebut juga dibeberkan oleh juruk masak pribadi dan Pak Jokowi sendiri. Jamu yang dibuatnya ini terdiri atas temulawak, jahe, dan juga kunyit. Racikan ini digadang-gadang merupakan rahasia kebugaran Presiden ke-7 Indonesia tersebut.

Presiden Abdurrahman Wahid

Gus Dur suka Alpukat, kolase Travelingyuk
Jokowi suka minum jamu, kolase Travelingyuk

Presiden Abdurrahman Wahid atau yang lebih familiar disebut dengan Gus Dur juga memiliki minuman kegemaran. Jika Jokowi suka jamu, Gus Dur gemar mengonsumsi jus alpukat ataupun es teh tawar. Minuman yang cukup menyehatkan, mengingat Presiden Ri ke-4 asal Jombang tersebut memang hampir selalu didampingi dokter pribadinya.

Presiden Bj Habibie

BJ Habibie suka jamu, kolase Travelingyuk
BJ Habibie suka jamu, kolase Travelingyuk

Banyak orang takjub dengan isi kepala Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J Habibie. Ternyata, salah satu rahasialnya adalah rajin mengonsumsi ikan, sayur, air putih dan satu hal lagi yakni susu. Kandungan baik yang terdapat di dalam susu akan membuat daya ingat meningkat. Tak salah jika mantan Presiden RI ini juga menyarankan para orang tua untuk memberikan asupan susu yang cukup.

Presiden Soeharto

Wedang ronde, kolase Travelingyuk
Wedang ronde, kolase Travelingyuk

Kemudian ada Presiden ke-2 RI, Soeharto yang gemar dengan wedang ronde. Salah satu langganannya bahkan ada sampai sekarang ini. Namanya adalah Wedang Ronde Mbah Payem yang berada di Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Jogja. Sempat beberapa kali ronde in dipanggil ke istana untuk menjadi salah satu jamuan.

Itulah ragam minuman kegemaran Presiden Indonesia. Apakah ada yang sama dengan favorit Teman Traveler?

Tags
Indonesia kuliner minuman favorit presiden minuman kegemaran Presiden Indonesia
Share