Ragam Minuman Berbahan Dasar Kunyit, Segar dan Menyehatkan

Kunyit atau yang biasa disebut juga dengan kunir merupakan tanaman rempah yang sangat banyak di Indonesia. Biasanya, kunyit dijadikan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan berbagai masakan Indonesia. Selain menambah rasa, kunyit juga seringkali jadi penambah warna alami pada makanan. Tak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, kunyit juga dimanfaatkan sebagai minuman yang menyegarkan. Banyak juga minuman dari kunyit yang bisa dilirik.

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika kunyit memiliki kandungan yang sangat baik untuk pencernaan tubuh. Maka dari itulah, meskipun terkadang rasanya agak sedikit pahit, banyak yang mengosumsinya. Untuk menyiasati sedikit rasa pahit dari kunyit, ada cara yang bisa dilakukan. Misalnya saja diolah menjadi berbagai minuman. Berikut ini beberapa di antaranya.

Latte Kunyit

Turmeric latte, Via Instagram simpletribe
Turmeric latte, Via Instagram simpletribe

Latte kunyit atau yang disebut juga dengan haldi doodh merupakan minuman tradisional kombinasi antara susu, kunyit, almond, dan juga kacang mete. Karena penambahan bahan-bahan itulah yang membuat latte kunyit jadi memiliki rasa yang nikmat. Tak hanya nikmat, khasiatnya juga banyak. Minuman kunyit ini diklaim bisa bermanfaat memutihkan gigi dan juga mengobati jerawat.

Teh Susu Kunyit

Teh susuu kunyit, Via Instagram jamudrinks
Teh susuu kunyit, Via Instagram jamudrinks

Masih memanfaatkan susu, minuman satu ini juga bisa dibuat untuk kamu pecinta kunyit. Perpaduan antara teh, susu, dan juga kunyit akan memberikan rasa yang enak. Teh susu kunyit ini digadang-gadang bisa digunakan untuk antioksidan dan juga anti-inflamasi. Sangat cocok diminum kala cuaca sedang dingin-dinginnya. Bisa membuat tubuh hangat dan sehat.

Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam, Via Instagram doyancooking_
Jamu kunyit asam, Via Instagram doyancooking_

Buat kamu masyarakat Indonesia pastinya sudah sangat familiar dengan minuman satu ini yah. Jamu kunyit asam yang memiliki banyak khasiat istimewa untuk tubuh. Mulai dari meredakan nyeri haid sampai dengan mengendalikan gula darah, jamu kunyit asam ini bisa diminum secara rutin. Bisa diminum dalam kondisi hangat, bisa pula dalam dingin. Tergantung dengan selera dan keinginan masing-masing.

Kunyit Madu

Kunyit madu, Via Instagram jamudrinks
Kunyit madu, Via Instagram jamudrinks

Selanjutnya ada kunyit madu yang memiliki rasa enak dengan khasiat yang begitu menakjubkan. Kunyit sendiri selama ini dikenal sebagai bahan dengan banyak manfaat. Ditambah dengan madu yang juga tidak kalah hebatnya dalam memberikan manfaat. Rasanya juga enak, dominan manis dari madu. Kombinasi antara madu dan kunyit ini akan bisa bermanfaat untuk anti bakteri, anti inflamasi, sampai anti kanker. Biasanya ditambahkan bahan-bahan seperti halnya lada hitam, kulit lemon parut, cuka sari apel.

Mencari minuman dengan rasa yang lezat tidak ada salahnya dan sah-sah saja dilakukan. Namun, lebih baik lagi jika minuman yang kita konsumsi memberikan dampak yang positif untuk tubuh.

Tags
minuman berasal dari kunyit minuman dari kunyit
Share