Yuk ke Mino Arto, Toko Mungil dengan Oleh-oleh Cilacap Terlengkap

Intan Deviana

Intan Deviana

On Indonesia
Ikan Jambal Roti khas Cilacap Ikan Jambal Roti khas Cilacap

Siapa nih Teman Traveler yang berencana habiskan akhir pekan atau punya agenda liburan di Cilacap? Mau ke Teluk Penyu atau Benteng Pendem? Apapun pilihan kalian, jangan lupa mampir ke Mino Arto ya. Tempat ini sediakan oleh-oleh lengkap untuk sahabat atau keluarga di daerah asal.

Mino Arto, pusat oleh-oleh Cilacap (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mino Arto bisa Teman Traveler temukan di Jalan Bakung No 19, Sidakaya, Cilacap. Selain lengkap, harga oleh-oleh di sini juga sangat terjangkau lho. Lantas apa saja yang mereka tawarkan? Yuk, simak ulasannya bersama.

Ramai Pembeli

Toko tampak depan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 21.00, Mino Arto selalu diserbu para pemburu oleh-oleh. Apalagi memasuki akhir pekan atau momen libur nasional.

Diserbu pembeli (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski tokonya mungil dan terletak di dalam gang, para pembeli mereka tetap setia dan tak kapok untuk datang lagi. Hal ini terbukti dari padatnya deretan motor dan mobil yang kerap memenuhi area parkir sekitar toko.

Pelayanan Cepat

Antre di kasir (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski sering ramai pembeli, pelayanan di Mino Arto tergolong cepat dan cekatan. Padahal penghitungan belanjaan masih memakai cara tradisional, yaitu ditulis manual dan dijumlahkan dengan kalkulator. Tak perlu stress menunggu antrean deh.

Ikan Asin Jambal Roti

Ikan asin jambal roti (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Salah satu oleh-oleh Cilacap yang wajib Teman Traveler borong di Mino Arto adalah ikan asin jambal roti. Terbuat dari ikan jahan, ikan asin jenis ini memang kerap jadi favorit di antara pembeli. Rasa asinnya alami, sangat nikmat disantap bersapa sepiring nasi putih, sayur asem, dan sambal.

Kerupuk Tengiri

Kerupuk tengiri (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berikutnya ada kerupuk tengiri. Beda dengan camilan sejenis yang umumnya berwarna putih tulang, kerupuk tengiri khas Cilacap justru bercorak cokelat terang. Bentuknya juga cenderung kotak agak bulat, alih-alih bulat pipih.

Beberapa merek kerupuk tengiri Cilacap (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Ada beragam merek kerupuk tengiri yang tersedia di Toko Mino Arto. Teman Traveler bisa memilih sesuai selera karena semuanya gurih dan renyah. Dijamin bakal jadi oleh-oleh berkesan untuk sanak keluarga di rumah.

Cumi Kering

Cumi kering (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Cumi kering juga bisa Teman Traveler jadikan oleh-oleh. Jenis cumi yang dipakai biasanya berukuran kecil atau sering disebut baby cumi. Sebelum dijual dalam kemasan, cumi akan melalui proses penggaraman, perebusan, dan penjemuran tanpa pengawet. Hasilnya, cumi kering bertekstur empuk, gurih, dan dengan aroma khas yang masih sangat terasa.

Terasi Tabita

Terasi rebon (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, selanjutnya yaitu Terasi Tabita. Merek satu ini memang sudah menjadi primadona terasi rebon asli Cilacap. Bungkusnya yang berwarna hijau muda menjadi ciri khas terasi beraroma harum ini.

Kecap Cap Kuntul

Kecap cap Kuntul (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sempat mengusung nama Cap Blekok, cita rasa dan kelezatan kecap khas Cilacap ini sama sekali tidak berubah. Teksturnya kental dan manisnya terasa alami. Wajib masuk kantong belanjaan Teman Traveler saat mampir di Mino Arto.

Sale Pisang

Sale pisang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler bisa membeli aneka sale pisang di Mino Arto. Mulai dari sale pisang original, sale pisang keju, hingga sale pisang asap atau basah. Biasanya yang paling diminati pembeli adalah varian original dan keju. Wajib untuk dicoba.

Nopia

Nopia (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Disebut juga sebagai ndog gludhug (telur halilintar), nopia patut Teman Traveler coba lho. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian gula merah. Bentuknya bulat dan sedikit pipih di salah satu sisinya.

Tersedia dalam ukuran kecil dan besar, nopia kini juga hadir dalam aneka varian rasa. Teman Traveler bisa memilih nopia durian, nangka, pandan, maupun cokelat.

Jenis Oleh-oleh Lain

Jenis oleh-oleh lain (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain jajanan di atas, masih banyak jenis oleh-oleh lain yang bisa Teman Traveler jumpai di Mino Arto. Sebut saja tahu kering, keripik tempe, ikan pari goreng, kerupuk rambak, stik cumi, stik sukun, manggleng, dan masih banyak lagi. Semuanya menggoda untuk diborong.

Itulah sedikit pengalaman saya berburu oleh-oleh Cilacap di Toko Mino Arto. Wajib disambangi jika Teman Traveler sedang jalan-jalan di Kota Bercahaya. Jangan lupa, siapkan budget khusus agar bisa borong banyak!