Menelusuri Indahnya Minahasa Selatan, dari Bawah Laut Hingga Atas Awan

Sulawesi Utara tak hanya ada Manado atau pun Tomohon. Namun, ada Kabupaten Minahasa Selatan yang jarang sekali diperbincangkan oleh masyarakat. Padahal kabupaten satu ini mempunyai aneka mutiara indah yang dijamin membuat Teman Traveler terpana. Ingin tahu bagaimana keindahan kabupaten tersebut? Simak terus ulasan di bawah ini. 

Taman Nasional Bunaken 

minahasa selatan
Taman Nasional Bunaken via instagram/timur_angin

Kabupaten Minahasa Selatan ternyata juga menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken. Namun lebih ke Bunaken bagian selatan. Kalau Teman Traveler ingin menjelajahinya, bisa menyusuri Tanjung Kelapa, Arakan – Wawontulap yang meliputi Desa Poopoh dan Poperang. 

Di sana, kalian akan menikmati 20 titik penyelaman dengan keberagaman biota laut yang berbeda-beda. Tapi yang terpenting, terumbu karang, flora dan faunanya sanggup membuat kalian tidak ingin beranjak. Kira-kira, ada sekitar 150 spesies ikan yang tersebar di spot penyelaman. 

Pantai Moinit 

minahasa selatan
Pantai Moinit via twitter/DJennerous

Kemudian, ada Pantai Moinit yang mempunyai ciri khas tersendiri. Pantai ini mempunyai air yang suhunya panas, sehingga banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Di samping itu, Pantai Moinit juga banyak menyimpan keanekaragaman Flora dan Fauna di bawah lautnya. Tak ketinggalan juga dengan pemandangannya yang eksotis pada saat matahari terbenam. Apabila kalian ingin mengunjunginya, bisa langsung mampir ke Desa Tawaang, Kecamatan Amurang. 

Batu Dinding Kilo Tiga 

Batu Dinding Kilo Tiga via instagram/praidatu

Di Ibukota Minahasa Selatan yaitu Amurang terdapat destinasi wisata yang dijamin membuat takjub. Bernama Batu Dinding Kilo Tiga yang merupakan sebuah tebing alami dengan ketinggian sekitar 90 meter. Batu Dinding Kilo Tiga dikenal sebagai Surganya para pecinta olahraga Panjat Tebing.

Bentuknya tidak seperti tebing-tebing alami pada umumnya, melainkan memiliki permukaan seperti jajaran balok yang bersusun bertingkat terbalik. Sehingga semakin ke atas semakin menonjol permukaan tebing.

Gunung Payung 

Gunung Payung via instagram/satrio_ru

Terakhir, ada Gunung Payung yang selalu disesaki oleh pengunjung. Berlokasi di  Desa Poopo, Kecamatan Ranoyapo, tempat wisata ini memiliki panorama eksotis karena pada waktu tertentu selalu diselimuti oleh awan.

Oleh karenanya, Gunung Payung juga disebut dengan Negeri di Atas Awan milik Minahasa Selatan. Biasanya, banyak pengunjung yang menginap di sini, karena tak ingin ketinggalan momen awan yang memenuhi lereng gunung. 

Bagaimana, sangat indah bukan Minahasa Selatan ini? Daerah satu ini mempunyai banyak titik menarik mulai bawah laut sampai dengan di ketinggian. Jadi, jangan hanya berkunjung ke Manado kalau datang ke Sulawesi Utara

Tags
Indonesia Minahasa Selatan Sulawesi Utara Wisata
Share