Mie Koclok Mang Sam yang Melegenda Sejak 1951, Kenikmatan yang Telah Teruji

Advertisement

Mie koclok merupakan salah satu makanan khas Cirebon. Menurut sejumlah cerita, nama kuliner khas tersebut merupakan akronim ‘Mi Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay’. Pencetusnya adalah Pak Edy, pemilik warung mi koclok pertama di tahun 1945. Hingga kini sudah banyak yang mengikuti jejaknya. Salah satunya adalah Mie Koclok Mang Sam yang cukup melegenda juga di Cirebon.

Kuliner Legendaris yang Telah Ada Sejak Tahun 1951

Mie Koclok Mang Sam, via Instagram/zona.makanan
Mie Koclok Mang Sam, via Instagram/zona.makanan

Mie Koclok Mang Sam telah ada sejak tahun 1951. Sekarang, usaha kuliner di Cirebon ini sudah dipegang oleh generasi ketiga. Konsistensi rasa menjadi salah satu daya tarik utamanya. Karena itulah, pengunjung hampir selalu antri di Mie Koclok Mang Sam. Jika Teman Traveler datang, jangan berkecil hari terlebih dahulu, karena kalian wajib kumpulkan tenaga dan sabar menunggu antrean yang mengular.

Rahasia Kenikmatan Mie Koclok Mang Sam

Mie dengan siraman kuah campuran santan dan tepung kanji, via Instagram/cirebonramah
Mie dengan siraman kuah campuran santan dan tepung kanji, via Instagram/cirebonramah

Mie koclok paling nikmat disantap saat panas karena kuahnya berasal dari santan yang dikombinasikan dengan tepung kanji. Jika dibiarkan dingin akan menjadi sangat kental. Sementara untuk citarasanya, bisa dibilang unik – cenderung agak gurih dan sedikit asin.

Seporsi Mie Koclok Mang Sam biasanya terdiri dari mie, daging ayam suwir, telur iris, kol, tauge, serta kuahnya yang khas. Kuah kental warna putih tersebut benar-benar bikin nagih para penikmatnya. Isiannya juga melimpah dan tidak pelit, jadi satu porsi saja akan membuat Teman Traveler kekenyangan.

Menu Lain Selain Mie Koclok

Mie koclok yang legendaris, via Instagram/seeisall
Mie koclok yang legendaris, via Instagram/seeisall

Konsep yang diusung Mie Koclok Mang Sam ini memang sederhana, hanya dijajakan mengunakan gerobak. Meskipun demikian pelanggannya bisa datang dari mana saja.

Selain mie koclok, Mang Sam juga menawarkan beberapa menu lainnya. Misalnya saja Gado-gado Ayam, Miedo (Mie Gado-gado), dan Hundo (Bihun Gado-gado). Namun tentu saja, yang paling banyak diminati dan jadi favorit adalah mie koclok.

Alamat dan Harga Mie Koclok Mang Sam

Enak saat hangat, via Instagram/chyntianatalie
Enak saat hangat, via Instagram/chyntianatalie

Tertarik untuk mencicipi mie koclok ini? Teman Traveler langsung bisa menuju Jl. Pekiringan, seberang Apotik Pasar Balong, Cirebon Kota. Mereka buka dari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 18:00 hingga 23:00 WIB.

Sementara untuk harganya, satu porsi mie koclok dibandrol Rp18.000 per Januari 2019. Harga yang bisa dibilang terjangkau dengan citarasa yang ditawarkan.

Meski banyak kuliner enak di Cirebon, Mi Koclok Mang Sam ini pantang Teman Traveler lewatkan. Selain masuk dalam kategori legenda, citarasa uniknya bakal bikin kalian ketagihan. Dijamin akan ingin nambah lagi dan lagi.

Advertisement
Tags
Cirebon Indonesia Jawa Barat Kuliner Cirebon mie koclok cirebon mie koclok mang sam
Share