Pilihan Lokasi Santap Mie Kluntung di Surabaya, Ada yang Sejak Tahun 1950-an

Mie kluntung merupakan kuliner khas Surabaya yang sekilas terlihat seperti bakmi jowo. Hal yang membedakannya adalah bentuk mie-nya yang lebih gendut dengan tekstur empuk. Sajian ini jelas salah satu kuliner yang perlu untuk dicicipi saat berada di Kota Pahlawan. Untuk mencari dan mencicipi mie kluntung di Surabaya bukanlah perihal yang susah. Inilah beberapa tempat yang perlu dicoba. Sudah siap tergoda?

1. Nasi Goreng Atroep

Mie kluntung di Nasi Goreng Atroep, Via Instagram/kulinersby
Mie kluntung di Nasi Goreng Atroep, Via Instagram/kulinersby

Warung Cak Atroep sudah ada sejak tahun 1955. Sebenarnya Cak Atroep sudah mulai berjualan pada tahun 1952, namun saat itu belum menetap dan masih mengenakan pikulan. Barulah, di tahun 1955 menekuni usaha mie kluntung. Warungnya buka di malam hari dan terletak di Jl. Walikota Mustajab. Tempat ini tidak hanya menawarkan mie kluntung, melainkan juga nasi goreng yang bikin ketagihan.

2. Mie Kluntung Pak Yanto

Mie kluntung Pak Yanto, Via Instagram/amazingindonesiafood
Mie kluntung Pak Yanto, Via Instagram/amazingindonesiafood

Mie Kluntung Pak Yanto juga merupakan salah satu lokasi yang terkenal hingga penjuru kota. Salah satu yang spesial adalah penggunaan arang sehingga asapnya masuk ke dalam mie dan membuat aroma yang begitu menggiurkan. Selain itu, penggunaan bumbu rempahnya juga membuat citarasa mie kluntung di Surabaya ini makin nikmat saja. Lokasinya berada di Jl. Kapasan 62, Surabaya, karena itulah juga kerapa disebut sebagai Mie Kluntung Kapasan.

3. Mie Kluntung Pak Mitro

Mie Kluntung Pak Mitro, Via Instagram/jusufgo
Mie Kluntung Pak Mitro, Via Instagram/jusufgo

Lalu ada Mie Kluntung Pak Mitro yang memiliki banyak cabang di Surabaya. Cabangnya ada di Jl. Pandegiling No. 320 , Wonorejo, Tegalsari, Surabaya; Kedai Putro Agung di Jl. Kapas Krampung No. 107, Tambaksari, Surabaya; Jl. Dharmahusada Indah Timur No. 86, Mulyorejo dan beberapa tempat lain.

Tempat santap Mie Kluntung
Tempat santap Mie Kluntung (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Olahan mie kluntung di sini memang terkenal dengan tekstur yang empuk dengan ukuran yang besar. Satu hal lagi kelezatannya, kuahnya terbuat dari seafood dan tidak amis sama sekali.

4. Pecel Murni

Mie kluntung Pecel Murni, Via instagram/afterworking
Mie kluntung Pecel Murni, Via instagram/afterworking

Dari namanya, kita tahu menu utama yang disuguhkan di sini adalah pecel. Selain itu, ada menu lainnya yang banyak dipesan oleh para pelanggan yang datang, yakni mie kluntung. Berbeda dari tempat-tempat sebelumnya, teksturnya mirip dengan mie instan dengan kuah kocokan telur. Meskipun begitu, citarasanya juga tetap nikmat untuk disantap. Lokasi Pecel Murni ini berada di Jl. Ahmad Yani No. 211, Surabaya.

Bagaimana, apakah Teman Traveler ada yang pernah mencoba mie kluntung sebelumnya? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar, supaya yang lain juga tahu citarasanya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner mie kluntung di Surabaya Surabaya
Share