Keliling Jogja dan Kulineran Mie Paling Lezat, Dijamin Nagih

Advertisement

Jika kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke Yogyakarta atau Jogja, kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan di sana? Pasti kamu berpikir untuk jalan-jalan menyusuri Malioboro untuk membeli oleh-oleh seperti batik dan aneka aksesoris. Selain itu, kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang budaya Jawa juga akan melihat bagaimana sebuah tradisi tetap bernafas dan hidup di tengah-tengah masyarakat Yogyakarta. Ada keraton sebagai simbol kejayaan tanah Jawa di masa lampau, hingga peninggalan sejarah berupa candi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berburu kuliner lezat di daerah yang pernah menjadi ibu kota negara tersebut.

Jangan hanya mencoba gudeg saja, karena Jogja itu memiliki banyak sekali sajian kuliner yang lezat-lezat. Jika kamu termasuk pencinta olahan mie, maka kamu akan merasa berada di surga. Mengingat banyaknya kafe-kafe atau tempat makan yang menyajikan menu andalan berupa mie. Berikut ini adalah beberapa destinasi kuliner mie enak yang bisa kamu datangi sewaktu di Jogja.

1. Cinnamon Fish and Chips Factory

Kafe Cinamon [via instagram]
Kafe Cinamon [via instagram @cinnamonfishnchipsfactory]
Saat kamu masuk ke sini, nuansa yang didominasi oleh warna hijau dan putih begitu mencerminkan Jogja itu sendiri. Kursi dan meja diatur dengan rapi agar para pengunjung mendapatkan kenyamanan. Ada area teras dan bagian dalam. Kamu bebas memilih di mana kamu akan menyantap hidangan selama masih ada tempat yang kosong. Mie yang disajikan di sini ada yang diolah ala Eropa maupun lokal. Coba saja membeli Bakmi Jawa yang disajikan bersama dengan kuah bening berbumbu. Untuk masakan ala Eropa ada Spaghetti Aglio Olio yang begitu mantap ketika mampir di lidah.

Selain menu andalan berupa mie atau pasta, ada juga pilihan lain yang nggak kalah menggoda. Sebut saja ayam geprek yang pedasnya nendang, hingga sop buah dengan es krim di atasnya. Datang saja langsung ke Jalan Cempaka No. 32, Jogja. Untuk melakukan pemesanan, kamu bisa menghubungi kafe Cinnamon di nomor telepon 0274 563583.

2. Warung ASP

Warung ASP [via instagram]
Warung ASP [via instagram @warung_asp]
ASP di sini adalah kependekan dari Ayam Saus Pedas. Menu utamanya adalah hidangan ayam dengan bumbu dan saus pedas, sajian yang unik di tengah maraknya hidangan ayam yang digeprek dengan cabai. Kamu bisa mencoba Mie Jago ASP. Sajiannya seperti mie ayam, karena ada tambahan daging ayam untuk menambah kemantapan rasanya. Alamat Warung ASP ini dekat dengan kawasan Gejayan, tepatnya di Jalan Moses Gatutkaca. Kamu bisa mengintip berbagai hidangannya di akun Instagram @warung_asp.

3.  Kedai Roti Bakar 543

Kedai roti bakar [via instagram]
Kedai roti bakar [via instagram @rotibakar543jogja]
Kamu mungkin biasa menyantap indomie di saat-saat kepepet atau mungkin karena memang sedang ingin. Namun terlalu sering juga terkadang jadi bikin bosan. Kamu bisa mencoba olahan indomie yang lebih unik. Baik dalam hal rasa maupun sajian. Buktikan sendiri dengan datang ke Kedai Roti Bakar 543 yang ada di Jalan Selokan Mataram No. 99, Seturan, Yogya. Salah satu menu enak di sini adalah Indomie Sambal Matah yang harganya sekitar Rp. 15 ribu, cukup murah kan?

4. Miago Barokah

Miago Barokah [via instagram]
Miago Barokah [via instagram @miagobarokahdepanuii]
Yang satu ini memang khusus menyediakan menu utama berupa mie berbagai rasa. Miago sendiri adalah singkatan dari mie ayam goreng. Ada beberapa pilihan menu seperti Miago Bakso, Miago Pangsit, hingga Miago Cabe. Semuanya tentu memiliki cita rasa yang berbeda. Kamu bisa memilih sesuai seleramu sendiri. Harga yang dipatok juga cukup murah. Untuk satu porsinya kamu cukup mengeluarkan uang skitar Rp. 15 ribu. Miago Barokah terdapat di dekat kampus Universitas Islam Indonesia. Informasi pemesanan bisa kamu lihat di akun Instagram @miagobarokahdepanuii.

5. Milk n Cheese

Milk n Cheese [via instagram]
Milk n Cheese [via instagram @milkncheese_yk]
Kafe Milk n Cheese hadir dengan nuansa yang unik. Kursi di sini ada yang berupa ayunan. Jadi, kamu bisa bermain sambil menikmati hidangan. Dinding-dindingnya juga digambari dengan lukisan yang manis. Membuat kamu berada dalam suasana yang nyaman dan bikin kerasan. Biar kegiatan nongkrongmu jadi lebih seru, coba untuk memesan menu berupa mie. Gurihnya keju dan lezatnya susu, akan begitu kamu rasakan. Aneka pasta juga jadi andalan di sini. Ada Angry Bolognese, Pasta Limone Oceano, hingga K-Pasta. Kisaran harganya cukup murah kok, antara Rp. 15 hingga Rp. 30 ribu.

6. Bakso Jogja

Bakso Jogja [via instagram]
Bakso Jogja [via instagram @bakso_joogja]
Nama kedai Bakso Jogja sudah cukup terkenal, bahkan saat ini telah memiliki 3 cabang yang tersebar di Yogyakarta. Kamu bisa datang ke Bakso Jogja yang ada di Kwarasan, dekat gerbang UPN atau di Seturan Babarsari. Mie ayam di sini juga jadi menu utama selain baksonya. Sebutan kerennya adalah Mie Ayam Gorca yaitu mie dengan campuran ayam dan bumbu rica-rica. Kamu bisa mengintip menu-menunya di akun Instagram @bakso_joogja.

7. Pasta Gio

Pasta Gio [via instagram]
Pasta Gio [via instagram @pastagio_official]
Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak jika menu utama di kafe ini adalah pasta atau mie. Ada banyak pilihan menu yang diolah dengan berbagai bumbu. Selain pastanya, kamu juga bisa mencoba menu lain berupa camilan lengkap dengan minuman yang menggoda. Harganya cukup terjangkau, apalagi kafenya mengusung suasana yang cocok untuk nongkrong anak muda. Datang saja ke Jl. Bima, Lempong Lor Blok I/No 4 Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

8. Tom’s Milk Yogyakarta

Tom's Milk [via instagram]
Tom’s Milk [via instagram @tomsmilk_yk]
Di sini kamu juga disuguhi dengan menu indomie yang dimasak dengan cara yang lebih mantap. Lezatnya indomie makin terasa saat dikombinasikan dengan teknik memasak pasta ala Eropa. Buktikan sendiri dengan datang langsung ke Tom’s Milk Yogyakarta yang ada di Jalan Jl Kledokan Raya, Gg Garuni II Seturan Yogyakarta.

9. D’Gejrot Kemek

D'gejrot [via instagram]
D’gejrot [via instagram @dgejrot]
Berada di sebuah warung yang sederhana, tapi begitu terkenal dengan menunya yang mantap. Ada banyak pilihan menu lokal, termasuk olahan mie. Kamu wajib mencoba Mie Sambet dengan kuah rasa soto ayam khas Betawi. Warung D’Gejrot Kemek ada di Jalan Manggis CT VIII RT 07 RW 02 Blok C, Klebengan, Caturtunggal, Depok, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Miago Pangsit Juwita

Miago Juwita [via instagram]
Miago Juwita [via instagram @miagopangsitjuwita]
Mie dengan berbagai warna yang dihidangkan dengan pangsit renyah akan kamu nikmati jika datang ke Miago Pangsit Juwita. Ada beberapa otlet resmi yang bisa kamu kunjungi selama di Jogjakarta. salah satunya ada di  Jl. Tajem Baru, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Miago adalah singkatan dari Mie Ayam Goreng. Jadi kamu bisa menikmati sajian mie dengan ayam yang begitu lezat. 

Itulah beberapa destinasi tempat kulineran jika memang kamu ingin berburu mie di Jogja. Dari beberapa pilihan di atas, manakah menurutmu yang paling menarik?

Advertisement
Tags
Jogja kuliner Jogja mie mie jogja
Share