Mie Jaka, Kuliner Legendaris yang Masih Diolah dengan Arang

Advertisement

Tasikmalaya tak hanya terkenal dengan Mie Basonya. Ternyata, kota di Jawa Barat ini juga punya kuliner lezat yang sayang jika dilewatkan. Salah satu Mie Jaka, sajian nikmat yang bikin kenyang seketika. Rasanya pun juga berbeda dengan lainnya. Seperti apa keunikannya? Berikut ulasannya.

Proses Memasak yang Tradisional

Mie Jaka yang enak
Mie Jaka yang enak [image source]
Olahan mie yang satu ini berbeda dari lainnya. Aromanya harum dan rasanya lebih nikmat. Selain dari bumbu, aroma tersebut tercipta dari proses memasaknya yang masih menggunakan arang kayu. Proses pemasakannya terbilang cepat karena diungkep terlebih dahulu menggunakan dandang. Dalam sehari generasi ketiga Pak Jaka menghabiskan 20 kg arang untuk berjualan.

Resep Turun Temurun

Sajian Mie Jaka enak
Sajian Mie Jaka enak [image source]
Aroma mie yang harum arang ini merupakan cita rasa legendaris. Bagaimana tidak, usaha mie ini telah dirintis oleh Pak Jaka sekitar tahun 1946. Dan kini usaha tersebut telah diteruskan oleh cucunya dan berkembang menjadi tiga cabang. Kamu bisa menemukannya di Jalan Nagarawi, Jalan Veteran, dan Jalan Hazet Mustofa.

Wajan ‘Ajaib’ Warisan Pak Jaka

Wajan Warisan dari Mie Jaka
Wajan Warisan dari Mie Jaka [image source]
Selain resep turun temurun yang membuat aromanya sempurna, ada keunikan lain dari kedai satu ini. Cucu Pak Jaka masih menggunakan wajan penggorengan ‘ajaib’ milik kakeknya. Aneh bin ajaib karena pegangan dari penggorengan berwarna hitam ini tidak panas. Padahal dipanggang di atas bara api dari arang kayu yang terus menyala selama berjualan.

Mie Tradisional Rasa Bintang Lima

Lezatnya Mie Jaka
Lezatnya Mie Jaka [image source]
Di sini kamu bisa memesan aneka olahan mie. Ada mie goreng, mie godog, atau nasi campur mie. Selain makan di tempat, kamu juga bisa memesan untuk dibawa pulang. Tak perlu khawatir, rasanya tetap lezat karena dibungkus menggunakan daun pisang. Aromanya pun makin nikmat dengan tambahan kesegaran daun.

Sudah tidak sabar ingin segera mencicipi mie populer Tasikmalaya ini? Buruan berangkat ke sini dan jangan lupa bungkus juga ya.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat Tasikmalaya
Share