Viral Mie Ayam Rp2.000, Ada Kisah Menyayat Hati di Baliknya

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
via Facebook/Ryan Koclok

Belakangan ini viral di media sosial tentang mie ayam seharga Rp2.000 yang berasal dari Sragen, Jawa Tengah. Ada yang mencibir dan tidak sedikit yang merasa terheran-heran karena dengan uang bergambar Pangeran Antasari bisa mendapatkan semangkok mie ayam. Sebenarnya siapakah sosok yang menjual mie ayam Rp2.000 ini? Yuk kita ulas.

Sosok Penjual Merupakan Ibu Rumah Tangga Biasa

Mi ayam murah meriah, via Instagram/rebekago
Mi ayam murah meriah, via Instagram/rebekago

Sang penjual mie ayam Rp2.000 merupakan sosok ibu rumah tangga biasa yang bernama Rika Septi Anadewi (25). Ia berjualan untuk membantu perekonomian keluarga. Ternyata Rika dan suaminya, Febriana Trilaksono (25) sudah berjualan mi ayam dengan harga yang sangat murah ini selama dua bulan terakhir terhitung bulan Desember 2018.

Awalnya Rika hanya bermodalkan uang Rp100 ribu dari neneknya. Dengan modal tersebut, ia mampu membeli mi kering di pasar dengan rata-rata 10 pak per hari dengan berat masing-masing 8 kg, ditambah dengan ayam sehari habis 2-3 kg banyaknya. Dengan bahan-bahan tersebut ia bisa membuat mie ayam kurang lebih 100 porsi.

Ada Kisah Sedih Dibalik Alasan Rika Berjualan

Tempat mie ayam Rp2000, via Facebook/Ryan Koclok
Tempat mie ayam Rp2000, via Facebook/Ryan Koclok

Rika tak serta merta berjualan mi ayam dengan harga yang sangat terjangkau. Ada kisah sedih di balik keputusannya untuk berjualan mi ayam dengan harga Rp2000.

Pada suatu hari, anaknya meminta uang jajan Rp2.000. Lantaran tidak memiliki uang sepeser pun, Rika tak mampu memenuhi permintaan anaknya. Tentu saja hal tersebut membuatnya sedih sampai meneteskan air mata.

Harga yang dibanderol pada mie ayamnya bertujuan agar semua orang bisa beli. Baik anak-anak, hingga orang tua bisa merasakan mie ayam dagangannya. Rika pun mengaku tak rugi dan tetap mendapat laba, meski sedikit.

Resep Mi Ayam Didapat dari Sang Mertua

Sementara itu untuk resep mi ayam, Rika mengaku mendapatkannya dari sang mertua. Resep mi ayam yang dijualnya turun dari sang mertua. Ternyata tak hanya Rika yang berjualan mie ayam, beberapa keluarganya juga. Ada bulik, kakak Rika dan sang mertua juga yang berjualan di tempat masing-masing.

Alamat Tempat Berjualan Mi Ayam Rp2.000

Bungkusan mie ayam, via Facebook/Ryan Koclok
Bungkusan mie ayam, via Facebook/Ryan Koclok

Mie ayam Rp2.000 ini dijajakan di Dukuh Gondang RT 003 RW 007, Desa Grasak, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Awalnya memang tempat jualannya ala kadarnya, tak ada meja atau pun kursi. Namun untuk ke depannya, Rika sudah memiliki rencana untuk membuat lapak atau warung sendiri.

Mi ayam seharga Rp2000 ini memang benar adanya dan sudah ada beberapa netizen yang membuktikannya. Jika ingin mencicipinya dan kebetulan sedang berada di Sragen, jangan lupa mampir ya Teman Traveler.