Mencicipi Rendang, Semur, atau Rica-Rica dalam Satu Mangkok Mie Ayam di Jogja

Annissa NCSaputri

Annissa NCSaputri

On Indonesia
Deretan Mie Ayam di Jogja Deretan Mie Ayam di Jogja

Mie memang jadi favorit oleh semua kalangan karena selain mengenyangkan. Bisa dimasak apapun akan jadi olahan yang enak, seperti menjadi bakmi atau pun mie ayam. Tempat makan yang menyediakan menu ini pun bisa dengan mudah ditemukan. Sebut saja Mie Ayam Tumini yang sampai sekarang masih laris manis karena memang cita rasanya yang tidak berubah. Namun ada beberapa mie ayam di Jogja yang menyajikakan denngan kuah atau topping tak biasa. Penasaran? Kontributor Travelingyuk, Annisa NCSaputri akan menjabarkannya.

1. Mie Ayam Pojok Teknik

Mie Ayam dengan Topping Siomay Batagor via instagram @gembulfoodie
Mie Ayam dengan Topping Siomay Batagor via instagram @gembulfoodie

Mie ayam di Jogja yang pertama wajib dicoba adalah Pojok Teknik. Jika berada di seputaran Universitas Gadjah Mada, mampirlah ke warung mie ayam yang letaknya di pojok pertigaan Sekolah Vokasi Teknik yaitu di Yacaranda, Caturtunggal, Sleman. Itulah sebabnya mengapa mie ayam ini dinamakan Mie Ayam Pojok Teknik. Warung ini tak hanya menjajakan mie ayam, namun juga siomay dan batagor. Oleh karena itu yang unik dari mie ayam ini adalah kita bisa pesan mie ayam dengan topping siomay atau batagor. Sehingga kita akan mendapati saus kacang yang digunakan sebagai kuah mie-nya.Jalan Yacaranda, Caturtunggal, Sleman.

2. Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono

Mie Ayam dengan Bakso Goreng yang Melimpah via instagram @gembulfoodie
Mie Ayam dengan Bakso Goreng yang Melimpah via instagram @gembulfoodie

Bakso goreng dalam satu mangkok bakso itu sudah biasa. Namun kali ini bakso goreng disajikan bersama dengan mie ayam. Mie Ayam Sendowo di Jalan Sendowo F No.129, Sinduadi, Sleman ini menawarkan sensasi makan mie dengan kenikmatan yang lebih lengkap dengan bakso gorengnya. Tidak tanggung-tanggung, bakso gorengnya pun disajikan sangat banyak hingga hampir memenuhi mangkok. Dan yang pasti, bakso gorengnya crunchy dan gurih pas dengan kuah mie yang manis. Mie Ayam di Jogja satu ini sayang untuk dilewatkan, bukan?

3. Mie Ayam Tresno

Mie Ayam Rendang via instagram @voilajogja
Mie Ayam Rendang via instagram @voilajogja

Melewati Jalan Kaliurang, jangan lupa untuk mampir ke warung satu ini, Mie Ayam Tresno. Menu yang menjadi andalan tentunya adalah Mie Ayam Rendang. Mienya disajikan dengan kuah rendang lengkap dengan potongan daging ayam dan sawi. Komposisi kuah kental dan bumbu rendangnya pas banget di lidah. Mie ayam di Jogja yang satu ini hanya dibanderol dengan Rp9000 per porsinya.

4. Mie Ayam Popeye

Mie Ayam dengan Pelengkap Bayam via instagram @jogjafoodhunter
Mie Ayam dengan Pelengkap Bayam via instagram @jogjafoodhunter

Mungkin beberapa dari kalian sudah bisa menebak kenapa warung yang satu ini dinamakan Mie Ayam Popeye. Pada umumnya mie ayam disajikan bersama sawi, namun di sini bayamlah yang jadi pelengkap. Oleh sebab itu warung ini dinamakan Mie Ayam Popeye, karena bayam merupakan makanan andalan si Popeye. Untuk menikmati mie ayam bayam ini, Teman Traveler bisa mampir ke Jalan Pramuka, Trirenggo, Bantul.

5. Mie Nusa

Mie Ayam Kuah Semur
Mie Ayam Kuah Semur via instagram @jogjafoodhunter

Mie ayam di Jogja lainnya yang menarik adalah berkuah unik. Mie ayam memang memiliki rasa yang cenderung manis karena kuahnya. Namun di Mie Nusa menawarkan kuah yang memang identik dengan rasa manis yakni semur. Kuahnya kental berwarna cokelat gelap disajikan bersama mie lengkap dengan ayam dan sawi. Untuk toppingnya kita bisa pilih mau pangsit basah atau pangsit goreng. Pastikan singgah saat lewat jalan Jalan Lembah Baru, Bulaksumur, Sleman.

6. Mie Gajah Pengki

Mie Ayam Berbahan Kwetiau via instagram @voilajogja
Mie Ayam Berbahan Kwetiau via instagram @voilajogja

Mie Gajah Pengki merupakan mie ayam asli Metro Lampung. Namun warung ini sudah menjadi favorit bagi masyarakat Yogyakarta. Yang unik di sini adalah penggunaan kwetiau sebagai pemeran utama dalam semangkok mie ayam. Nah, karena kwetiau memiliki ukuran yang lebar itulah sebabnya kenapa mie ayam di sini dinamakan Mie Gajah Pengki. Tak hanya ukuran mie-nya, namun porsi yang ditawarkan juga besar dengan taburan topping ayam yang banyak. Serunya, mie ayam di Jogja yang satu ini buka hingga tengah malam, lho.

7. Mie Ayam Rica-Rica Barokah

Mie Ayam Kuah Rica-Rica via instagram @gembulfoodie
Mie Ayam Kuah Rica-Rica via instagram @gembulfoodie

Bagi pecinta rica-rica, menikmati mie ayam yang terletak di Godean ini bisa jadi pilihan. Di Warung Mie Ayam Rica-Rica Barokah kita bisa merasakan cita rasa baru mie dengan kuah khas rica-rica. Kuahnya berwarna kuning dengan tekstur kental, disiram di atas mie bersama dengan potongan ayam. Untuk kuahnya memiliki rasa yang pedas dan gurih. Dengan porsi yang lumayan besar, dijamin bakal mengenyangkan.

8. Mie Ayam Tetelan Kemepyar

Mie Ayam Topping Tetelan via instagram @gembulfoodie
Mie Ayam Topping Tetelan via instagram @gembulfoodie

Jika ke Bantul wajib coba mie ayam yang lain dari biasanya ini. Di warung ini selain menyediakan mie ayam biasa, kita juga bisa memesan mie ayam dengan topping spesial. Selain dengan potongan ayam, mie juga disajikan dengan tetelan. Menu Mie Ayam Double Tetelan ini tentu akan menawarkan sensasi berbeda saat menyantap mie ayam.

Sangat menggiurkan bukan? Selain enak, mie ayam di Jogja ini juga akan memberikan pengalaman rasa unik yang akan membuat lidah senang. Bagaimana, Teman Traveler mau coba yang mana dulu?