Mie Apong Sampurna Jember, Cita Rasa Juara yang Melegenda

Kalau Surabaya punya Mie Mapan, di Jember ada kuliner mie yang juga cukup legendaris. Namanya Mie Apong Sampurna. Saking kondangnya, kedai mie pangsit ini sampai punya belasan cabang lho Teman Traveler.

Menurut saya, tekstur dan rasa mienya sangat berbeda dibanding mie lain di Jember. Penasaran? Yuk, kita intip bersama seperti sebenarnya Mie Apong Sampurna yang legendaris ini.

Mie Lezat dengan Porsi Besar

Mie pangsit Apong Sampurna (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Depot Mie Apong Sampurna didirikan oleh Bapak Apong Abdurrahman pada tahun 1967. Meski usia kedainya kini lebih dari setengah abad, mie pangsit satu ini masih jadi favorit masyarakat Jember. Bahkan Mie Apong makin berkembang dengan belasan cabang.

Saya sendiri selalu sempatkan mampir untuk menyantap mie ini setiap berkunjung ke Jember. Rasanya memang enak dan bikin kangen.

Mie yang akan disajikan untuk pembeli (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Seperti mie pangsit umumnya, Mie Apong disajikan dengan topping ayam, pangsit rebus, ditambah potongan daun bawang dan bawang goreng. Meski tak menggunakan kuah, bumbunya terasa gurih, khas, dan tentunya mantap.

Mie yang digunakan merupakan buatan sendiri dan dijamin fresh setiap harinya. Teksturnya kenyal, dengan ukurannya agak besar dan panjang. Selain itu topping-nya juga tidak pelit.

Kedai Mie Apong juga menerima pesanan mie mentah lho. Harganya bervariasi, mulai dari Rp12.500, Rp15.000, hihngga Rp20.000 per kilo.

Bakwan Goreng Crunchy

Mie pangsit dengan bakwan goreng crunchy (c) Tri Vevandi/Travelingyuk
Bakwan gorengnya menggoda banget (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jika mampir ke Depot Mie Apong Sampurna, jangan lupa cicipi bakwan gorengnya. Bakwan di sini tersedia dalam ukuran kecil dan besar. Masing-masing dibanderol Rp1.000 dan Rp2.500 saja. Cukup murah kan Teman Traveler?

Banyak Menu Pilihan

Dapur pembuatan mie (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Menu yang ditawarkan di kedai ini lumayan banyak. Selain mie pangsit, ada juga sok mie, mie kocok, bakwan kuah, hingga seblak. Tentu saja yang jadi primadona adalah mie pangsit, dengan varian porsi kecil serta besar.

Selisihnya hanya Rp2.000 saja Teman Traveler. Mie Apong porsi kecil dibanderol Rp10.000, sementara sedangkan yang besar Rp12.000 saja. Buat Teman Traveler yang tak sanggup makan besar, sebaiknya pilih porsi kecil saja. Dijamin sudah kenyang banget.

Daftar menu dan harga (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Sok Mie sendiri hampir sama seperti mie pangsit, namun disajikan dengan topping bakwan. Porsi kecilnya dibanderol Rp15.000, sementara porsi besarnya Rp20.000.

Teman Traveler juga bisa pesan aneka jajanan gorengan di sini. Ada lumpia, bakwan goreng, mendoan, serta pangsit goreng. Semuanya dibanderol dengan harga terjangkau, kok.

Punya Lebih dari Sepuluh Cabang

Cabang pusat (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Depot Mie Apong Sampurna kini sudah memiliki lebih dari sepuluh cabang. Tak hanya di Jember, namun juga merambah Lumajang, Bondowoso, serta Situbondo. Cabang pusatnya sendiri berada di Jalan Kaca Piring no. 35, dekat Alun-alun Jember. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

Suasana ramai di dalam kedai (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kedai legendaris ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Suasananya bakal makin ramai saat jam makan siang, maupun malam. Buat Teman Traveler yang sedang mager, bisa langsung pesan via aplikasi ojek online. Mudah, bukan?

Bulan Agustus nanti banyak event tahunan bakal diadakan di Jember, salah satunya Jember Fashion Carnaval (JFC). Jadi buat Teman Traveler yang berencana keliling wisata Jember, wajib cicipi mie pangsit enak ini ya! Mau ajak siapa, nih?

Tags
Indonesia Jember kontributor kuliner jember mia apong sampurna Travelingyuk
Share