Inspirasi Menu Buka Puasa ala Masterchef Indonesia

Bikin menu buka puasa sendiri bisa jadi ajang buat sekalian latihan masak, nih. Inspirasinya bisa datang dari mana saja termasuk tayangan Masterchef Indonesia, yang suka hadirkan beragam kuliner. Berikut adalah beberapa menu buka puasa ala Masterchef Indonesia, yang dapat dipraktekkan langsung di rumah, dibumbui kreasi sendiri.

Steak Daging Sambal Kecombrang

Ilustrasi Steak Daging Sambal Kecombrang via Shutterstock
Ilustrasi Steak Daging Sambal Kecombrang via Shutterstock

Inspirasi satu ini memang cukup fancy, cocok kalau misalnya mengundang kawan buat bukber di rumah. Teman Traveler bisa siapkan daging panggang dengan sambal kecombrang. Buat dagingnya kalau lagi hemat, mending pakai daging ayam saja.

Supaya bumbu lebih meresap coba ikuti cara peserta Masterchef Indonesia yaitu dimasak dengan 2 cara berbeda. Pertama di-braise, yaitu daging ditumis sebentar dengan bumbu lalu ditambahkan air. Selanjutnya tiriskan daging lalu dipanggang.

Sate Daging Sapi Saus Kacang

Menu Buka Puasa ala Masterchef Indonesia
Ilustrasi Sate Daging Sapi Saus Kacang via Shutterstock

Inspirasi yang ini masih seputaran makanan utama dengan bahan daging yaitu sate. Nah bedanya di sini, Teman Traveler bisa pakai bumbu kreasi sendiri. Mungkin pakai ketumbar, jahe, maupun kunyit. Nah bumbu cocolannya boleh bikin saus kacang. Tapi teksturnya jangan sampai terlalu kental, ya.

Pasta Ravioli, Menu Buka Puasa ala Masterchef Indonesia

Ilustrasi Steak Daging Sambal Kecombrang via Shutterstock
Ilustrasi Steak Daging Sambal Kecombrang via Shutterstock

Sesekali boleh lah buka puasa dengan kuliner yang agak beda, yaitu pasta ravioli. Teman Traveler sekalian latihan bikin menu ala Italia tersebut. Berhubung bikin ravioli sendiri kurang memungkinkan, bisa langsung beli jadi. Buat pecinta keju, cobain bikin saus dengan beragam jenisnya. Misalnya campuran parmesan, ricotta, dan mozarella. Jangan lupa siram juga dengan saus tomat buatan sendiri.

Kreasi Es Krim, Menu Buka Puasa ala Masterchef Indonesia

Ilustrasi Kreasi Es Krim via Shutterstock
Ilustrasi Kreasi Es Krim via Shutterstock

Kalau biasanya makan takjil seperti kolak, es nusantara, atau bubur sumsum. Kali ini cobain bikin kreasi es krim. Kalau kepo soal cara membuat es krim sendiri. Ikutin cara sederhana tanpa pakai mesin khusus.

Cukup masak susu, telur, gula, tepung maizena atau whipcream bubuk, tidak usah sampai mendidih. Lalu angkat, kalau sudah agak dingin masukkan ke dalam freezer.

Bagaimana Teman Traveler siap buat praktekkan sendiri? Mau cobain yang mana dulu, nih?

Tags
Indonesia kuliner Masterchef Indonesia Menu Buka Puasa
Share