4 Spot Menikmati Sunrise di Bromo, Berburu Pesona Alam

Advertisement

Sejak dulu, Bromo tak pernah sepi pengunjung. Tak bisa dipungkiri, keindahan lansekap di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini memang memukau. Hamparan ilalang hijau, pasir berbisik, hingga panorama sunrise yang indah. Karena semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang hadir, muncul beberapa titik baru untuk melihat sunrise. Empat spot yang akan disebutkan di bawah ini adalah titik yang dapat dituju untuk menikmati sunrise di Bromo.

Puncak Penanjakan

Wisatawan yang sedang berfoto di Puncak Penanjakan 1 via instagram
Wisatawan yang sedang berfoto di Puncak Penanjakan 1 via instagram/@okkytamaa

Puncak Penanjakan adalah titik tertinggi dan telah jauh lebih dulu dibuka sebagai spot untuk menikmati sunrise. Titik ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kedai, penjual syal, toilet, hingga mushola. Lokasinya berbentuk tribun setengah lingkaran yang menghadap ke timur. Saat high season, tempat ini selalu penuh pengunjung.

Bukit Kingkong

Wisatawan yang sedang berfoto dengan latar belakang kaldera Bromo via instagram
Wisatawan yang sedang berfoto dengan latar belakang kaldera Bromo via instagram/@kipli_java

Bukit Kingkong berada tak jauh dari Puncak Penanjakan. Lokasinya berupa tanah lapang yang dibatasi dengan tembok beton. Bukit Kingkong adalah tempat alternatif untuk melihat sunrise ketika Puncak Penanjakan penuh. Pemandangannya pun tak terlalu jauh berbeda dari Puncak Penanjakan. Selain itu banyak wisatawan yang memilih spot ini karena dapat lebih dulu turun dan tidak terjebak antrean jeep setelah sunrise.

Pos Dingklik

Panorama saat menjelang sunrise via instagram
Panorama saat menjelang sunrise via instagram/@fachrudinarief

Tempat ini merupakan tempat sunrise yang pertama dijumpai ketika mengakses Bromo melalui jalur Pasuruan. Lokasinya berada tak jauh dari gerbang utama TNBTS. Dari tempat parkir jeep, hanya perlu melakukan perjalanan sekitar empat menit berjalan kaki. Lokasinya tak cukup luas untuk menampung wisatawan, namun disekitarnya sudah terdapat banyak pedagang yang menjajakan makanan.

Bukit Cinta

Pamandangan kaldera Bromo dengan latar belakang Semeru dan sunrise via instagram
Pamandangan kaldera Bromo dengan latar belakang Semeru dan sunrise via instagram/@vander_armando

Bukit Cinta juga salah satu spot menikmati sunrise jika melewati jalur Pasuruan. Tempat ini memiliki tembok besar yang bertuliskan Love Hill Bromo Tengger dan biasa menjadi spot untuk berfoto para wisatawan. Dari spot ini terdapat beberapa pemandangan seperti Kaldera Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren.

Saat musim liburan, kawasan TNBTS selalu penuh pengunjung. Puncak Penanjakan adalah salah satu spot yang selalu penuh wisatawan. Karena itu muncul opsi spot baru untuk menikmati sunrise. Mana spot favoritmu?

Advertisement
Tags
bromo Indonesia Jawa Timur Malang Pasuruan Wisata
Share