Menikmati Perkebunan dan Lanskap Alam di Puncak Brakseng Cangar Kota Batu

Advertisement
Advertisement

Jika sedang bermain ke pemandian air panas Cangar jangan memutuskan untuk pulang dulu. Menyaksikan hamparan hijau dan lanskap alam kota Batu bisa jadi piliihan selanjutnya. Puncak Brakseng, wisata baru di Cangar yang berada di Desa Sumber Brantas, Bumiaji menawarkan pemandangan khas pegunungan yang menakjubkan. Seperti apa kerennya? Simak ulasannya!

Lanskap Alam yang Mempesona

Ilustrasi via ig/@muntravaddict

Puncak Brakseng berada di ketinggian 1700 mdpl dan merupakan daerah pertanian tertinggi di kota Batu dengan lanskap alam berupa jurang, lembah, dan deretan pegunungan yang menghijau. Jika tidak sedang berkabut, Teman Traveler dapat melihat gagahnya Gunung Arjuna dan Gunung Welireng. Saat sore hari, gradasi warna biru dan oranye langit akan menambah keindahan di Puncak Brakseng.

Ilustrasi via ig/@rezza_gendut

Hamparan Perkebunan Sayur Mayur dan Tanaman Cantik

Ilustrasi via ig/@yoiki_malang

Lahan pertanian Brakseng merupakan spot foto paling menarik bagi muda mudi. Hamparan sayuran hijau dan bunga-bunga segar sangat pas jadi latar foto instagenik. Ada berbagai macam sayuran segar yang bisa ditemui seperti wortel, kubis, bit, bawang prei, kentang,  sayuran hijau, dan berbagai macam tanaman khas pegunungan. Pemandangan kegiatan petani saat bercocok tanam menambah keelokan pesona Puncak Brakseng.

Ilustrasi via ig/@indraiswanto84

Sekilas tentang Puncak Brakseng

Ilustrasi via ig/yoiki_malang

Brakseng merupakan wisata alam yang baru saja dirilis pertengahan 2020. Wisata ini merupakan hasil kerja sama antara sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan warga Desa Sumber Brantas. Meski baru dibuka pada pertengahan tahun, animo masyarakat untuk menyaksikan keindahan Puncak Brakseng sangat tinggi. Dengan tarif Rp 5.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya pesona alam di Brakseng.

Akses Menuju Puncak Brakseng

Jalan Conblok di Puncak Brakseng via ig/@dilairvin

Jika sedang berada di kota Malang, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Puncak Brakseng sekitar 1 jam lebih. Sedangakan waktu perjalanan lewat tol Pandaan-Malang membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Akses jalan menuju wisata ini juga sangat mudah. Teman Traveler bisa menggunakan kendaran bermotor roda dua maupun empat. Tersedia pula jalan conblock yang cocok buat spot hiking karena banyak terdapat tanjakan dan turunan. Wisatawan dapat mengunjugi Puncak Brakseng tiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00.

Ketentuan Berwisata

Mematuhi protokol kesehatan via ig/@puncak_braksengk

Untuk tetap menjaga keindahan perkebunan, wisatawan dilarang menginjak tanaman dan berfoto di atas lahan pertanian di area tersebut.  Tetap menjaga kesopanan dan juga dilarang mengambil sayuran ataupun sesuatu milik petani. Tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi dan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Menyaksikan hamparan alam khas pegunungan dan hijaunya perkebunan di Puncak Brangseng memang jadi obat bagi aktivitas harian yang melelahkan. Lelah dengan perjalanan di Puncak Brakseng Cangar, Teman Traveler  bisa mampir ke Noi Cafe Cangar untuk santap lezat dan seduhan kopi hangat sambil menikmati pemandangan pegunungan. Beberapa sajian wisata di Batu juga bisa jadi agenda seru menikmati liburan. Segera agendakan akhir pekanmu.

Advertisement
Tags
Pegunungan Perkebunan puncak brakseng cangar puncak braksengk puncak indah di Malang wisata alam di batu wisata di batu
Share