Coba Sensasi Menginap di Sauna ala Drama Korea, Seru dan Murah Meriah!

Jika Teman Traveler sering nonton drama Korea, pasti sudah akrab dengan tempat sauna. Di beberapa drama tampak orang-orang bersauna menggunakan handuk yang diikat di kepalanya. Suasana tersebut sudah akrab bagi para penonton. Namun, apakah Teman Traveler tahu ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan saat menginap di sauna? Simak ulasan di bawah ini yuk!

Mengenal Jimjilbang

Menginap di Sauna
Menginap di Sauna via Instagram @taire_marina

Bagi yang belum paham, Jimjilbang atau public bathhouse adalah pemandian umum besar yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai dan sudah tersebar di berbagai penjuru Korea Selatan. Tempat ini dilengkapi dengan kolam air panas, sauna kering serta basah, dan lain sebagainya.

Banyak ditemukan di beberapa kota besar layaknya Seoul dan Busan, selain dijadikan sebagai tempat untuk merelaksasikan badan dan pikiran, Jimjilbang juga bisa dipilih sebagai tempat bermalam. Biasanya orang-orang Korea menghabiskan akhir pekannya dengan berkunjung ke sini bersama rekan kerja, sahabat, dan keluarga. Bahkan seperti yang ada di drama, tempat ini juga menjadi lokasi favorit untuk berkencan bersama pasangan.

Fasilitas Beragam

Menu makanan di Jimjilbang

Menu makanan di Jimjilbang via Instagram/jakobleighsaveme

Selain dilengkapi dengan kolam air panas dan sauna untuk umum, beberapa Jimjilbang menyediakan fasilitas pendukung untuk meningkatkan kenyamanan tamu. Mulai dari restoran dengan sajian menu lokal yang menggugah selera, rest area, ruang televisi, kafetaria, ruang pijat, internet, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan ruang karaoke, hingga ruang fitness. Menginap di sauna sudah menjadi tradisi bagi orang Korea sendiri dan tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Hal yang Harus Diperhatikan

Kolam pemandian

Kolam pemandian via Instagram/supercyclingman

Nah, jika ingin menginap di sauna ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, salah satunya dengan membawa baju ganti. Setelah membayar biaya masuk, Teman Traveler akan diberikan handuk dan kunci untuk ruang ganti. Sebelum beraktivitas, ada baiknya untuk membilas tubuh terlebih dahulu, setelah itu bisa pergi ke zona publik dengan menggunakan fasilitas yang disediakan.

Dalam mencoba Jimjilbang, Teman Traveler akan menggunakan kamar mandi umum. Layaknya drama Korea, adegan gosok menggosok punggung juga terjadi di kehidupan nyata, lho. Selain itu, jika ingin menghabiskan malam di sini carilah jimjilbang yang buka selama 24 jam.

Tersedia Pilihan Tempat Tidur

Tersedia Pilihan Tempat Tidur
Tersedia Pilihan Tempat Tidur via [email protected]mrchrisp

Kebanyakan Jimjilbang menyediakan ruangan yang bernama sleeping hall. Di aula tersebut disediakan matras untuk tamu yang menghabiskan malam di sana sambil dihibur dengan fasilitas televisi. Walau begitu, beberapa di antaranya ada yang menyediakan bunk bed. Karena termasuk dalam kategori Jimjilbang, lantai kayu yang ada di ruangan ini biasanya dipanaskan sehingga bisa tiduran nyaman walaupun tak menggunakan alas. Harganya pun sangat murah, per malamnya Teman Traveler cukup siapkan biaya mulai dari Rp90 ribu saja. Hemat banget kan!

Sekarang jadi tahu kan jenis tempat bermalam yang ada di Korea satu ini. Menginap di sauna tak hanya menarik tetapi juga menyehatkan karena adanya layanan khusus yang bisa digunakan para tamu, mulai dari pijat, sauna, makan di restoran, dan masih banyak lagi. Bagaimana, jadi semakin tertarik untuk mencoba Jimjilbang?

Tags
Akomodasi akomodasi korea selatan jimjilbang Korea Selatan mancanegara menginap di sauna
Share