Mengenang Sulli f(x) di Yangsan, Kota Kelahirannya

Berita menhejutkan datang dari dunia K-Pop. Choi Jinri atau lebih dikenal dengan nama Sulli (25) ditemukan meninggal dunia di apartemennya pada hari Senin siang (14/10). Untuk mengenang Sulli f(x), Travelingyuk mengajak Teman Traveler untuk mengunjungi kota kelahirannya di Yangsan.

Terletak di dekat Busan

Pesona Gamcheon Culture Village yang warna-warni di Busan via Shutterstock

Kota Yangsan terletak di provinsi Gyeongsangnam-do, sama dengan Busan, kota ikonik yang menjadi latar belakang filem Box Office Train To Busan. Salah satu destinasi wisata favorit yang sering sekali dikunjungi wisatawan adalah Gamcheon Culture Village yang terletak di pusat kota Busan.

Sulli f(x) sendiri sempat mengenyam bangku sekolah saat berada di Busan. Orangtuanya memasukkan ke Jungbu Elementary School yang memiliki spesialisasi pendidikan di bidang akting dan entertainment. Sulli tinggal di Busan sampai ia pindah ke Seoul untuk mencoba peruntungannya di SM Entertainment di tahun 2004.

Sister City‘ dengan Jepang

Salah satu pemandangan di sudut kota Yangsan via Shutterstock

Tahukah Teman Traveler kalau kota Yangsan menjalin kerja sama ‘sister city‘ dengan Jepang dan salah satu kota lainnya di Korsel?

Nah, ‘sister city‘ merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan sosial antar penduduk. Biasanya kota-kota ini memiliki banyak kesamaan, misalnya kondisi sosial atau permasalahan yang dihadapi.

Kota Yangsan sendiri menjalin kerja sama ‘sister city‘ dengan Jindo County di Korsel dan kota Yurihonj? di Akita, Jepang.

Beberapa kali girlband f(x) singgah ke Jepang untuk melaksanakan tur dunia bersama SM Entertainment, namun sayang Sulli absen karena sedang menjalani masa hiatus/rehat.

Melihat pemandangan kota dari atas Yangsan Tower

Salah satu ikon khas kota ini adalah Yangsan Tower. Berlokasi di pusat kota, menara ini menjadi salah satu yang tertinggi di Korsel. Dari ketinggian 110 meter, Teman Traveler bisa melihat pemandangan gedung pencakar langit dan hijaunya rerumputan, serta sungai Nam Pig yang membelah kota Yangsan.

Menara ini sendiri baru dibangun pada tahun 2008. Di dalamnya didirikan berbagai macam tempat untuk menunjang aktivitas warga sekitar, seperti perpustakaan dan kafe.

Mencari inspirasi di Gajisan Provincial Park

Hongryong Waterfalls in Gajisan Provincial Park, Yangsan, South Gyeongsang Province [1200×800]
Menikmati pesona taman via imgur

Tempat wisata lain yang tak kalah menarik adalah Gajisan Provincial Park. Berlokasi di Gunung Yeongchuksan, sekitar 11 kilometer dari pusat kota Yangsan, kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang merindukan suasana alam yang tenang dan sejuk.

Gunung inipun kerap disebut sebagai ‘Alpennya Korea Selatan’ karena udaranya yang dingin ditambah suasananya yang klasik dan estetik. Sudah banyak sekali warga Korea yang berwisata ke sini, termasuk Sulli f(x) semasa kecil.

Tongdosa, kuil paling penting di Korsel

Kuil Tongdosa masih berada 1 kompleks dengan Gajisan Provincial Park. Tempat ini disebut sebagai pusat peribadatan umat Buddha kuno dan merupakan 1 dari 3 kuil paling utama di Korsel.

Selain itu, kuil Tongdosa terkenal menjadi satu-satunya tempat yang menyimpan relikui (potongan tubuh/tulang) Sang Gautama Buddha di Korsel. Pantas saja, kawasan ini selalu dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahunnya yang datang untuk memanjatkan doa dan puja bakti.

Image may contain: one or more people, people standing, sky and outdoor
Sulli via Instagram/jelly_jilli

Untuk mengenang Sulli f(x), selain mengunjungi tanah kelahirannya di kota Yangsan, mari kita juga mendengarkan karya-karyanya yang indah dan hebat di Youtube dan platform musik lainnya.

Tags
Busan Korea Selatan Mengenang sulli f(x) Sulli f(x) Yangsan
Share