Menelusuri Istana Gebang, Rumah Sang Proklamator di Blitar

Advertisement

Kota Blitar yang dikenal sebagai kota kelahiran Sang Proklamator, menyimpan banyak hal tentang beliau. Salah satunya adalah Istana Gebang, yang diketahui banyak orang sebagai rumah Presiden Soekarno. Museum ini berada tepat di Jalan Sultan Agung, sekitar 2 km dari Stasiun Blitar.

Halaman depan Istana Gebang (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Rumah ini dijadikan museum setelah pemerintah setempat membelinya dari ahli waris Presiden Soekarno saat itu. Untuk menuju museum ini, bisa dengan cara naik becak maupun taksi/ojek online.

Pintu masuk (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Setelah dijadikan museum, masyarakat bebas untuk berkunjung ke rumah lama Bung Karno ini tanpa dipungut biaya sepeser pun. Pengunjung hanya perlu menuliskan nama di buku tamu, beserta jumlah rombongan yang datang. Jangan lupa untuk melepas sandal ketika memasuki rumah utama ini. Juga jangan menyentuh barang koleksi di sana, karena usianya yang sudah tua akan sangat rentan dengan sentuhan tak bertanggung jawab.

Bagian ruang tamu (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Rumah ini masih memiliki desain aslinya, yaitu dominasi desain kolonial. Desain rumah ini terdiri dari ruang tamu yang sangat luas dan juga dijadikan tempat memajang lukisan Bung Karno dan kedua orang tuanya. Terdapat kamar tamu di bagian depan dan kamar utama di belakangnya.

Perabotan peninggalan Bung Karno (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Memasuki bagian ruang tamu, kamu akan melihat banyak sekali foto-foto Presiden Soekarno dari masa muda hingga tuanya. Dapat diliat pula foto kedua orang tua beliau. Dari foto-foto tersebut, kita juga bisa belajar tentang banyak peristiwa penting yang terjadi dalam upaya memerdekakan negeri ini.

Kumpulan foto (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Berjalan ke arah belakang, maka akan terlihat ruang bersantai yang sangat menyegarkan karena berada di ruang terbuka. Di belakangnya terdapat ruang makan, sedangkan di sebelah kirinya adalah dapur. Terdapat pula sebuah sepeda tua yang diletakkan di dapur. Tak hanya itu, ada juga mobil yang pernah dipakai Presiden Soekarno semasa hidupnya. Mobil tersebut di parkir di Istana Gebang.

Ruang makan (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Nah jika kita berjalan ke arah kiri, maka kita akan mendapati koridor yang memajang banyak penghargaan maupun ungkapan khas Bung Karno di situ. Salah satu teriakan Bung Karno yang harus diingat adalah “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.

Dapur dengan sepeda yang terparkir (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Ingat pesan beliau agar kita tetap menjaga keutuhan negeri yang dibangun dengan susah payah ini. Selamat menikmati liburan di Kota Blitar dengan menelusuri Istana Gebang!

Advertisement
Tags
istana gebang blitar Museum wisata di Blitar Jawa Timur
Share