Jelajah Kawah Ijen dengan Biaya Hemat, Begini Caranya

Paket murah ke Kawah Ijen memang sudah banyak tersedia saat ini. Tapi, ada cara untuk jelajah Kawah Ijen dengan biaya hemat. Lantas, bagaimana caranya ya? Simak uraian berikut ini.

Memilih Penginapan yang Murah Meriah

kawah ijen biaya hemat
Memilih penginapan murah di sekitar Kawah Ijen (c) trustyour journey/Travelingyuk

Pertama-tama, Teman Traveler harus pintar memilih akomodasi murah yang berada di sekitar Kawah Ijen. Sebisa mungkin memilih penginapan yang sudah termasuk sarapan, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

kawah ijen biaya hemat
Banyak akomodasi murah dekat Kawah Ijen (c) trustyour journey/Travelingyuk

Nah, kalau ingin lebih hemat lagi, kalian dapat langsung ke Paltuding yang merupakan gerbang dari Gunung Ijen. Di sana, kalian diperbolehkan untuk mendirikan tenda sendiri. Menariknya, di Paltuding sudah tersedia fasilitas, seperti kamar mandi dan lain sebagainya.

Memilih Rental Motor yang Sewanya Ringan di Kantong

kawah ijen biaya hemat
Spot Sunrise di Kawah Ijen
(c) trustyour journey/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang penginapannya agak jauh dari Kawah Ijen, bisa memilih rental motor dengan harga murah. Hal ini tentu akan membuat kalian tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Rata-rata harganya adalah sekitar Rp75 ribu sampai Rp100 ribu sehari.

kawah ijen biaya hemat
Foto di Spot Sunrise (c) trustyour journey/Travelingyuk

Membawa Makanan Ringan Sendiri ketika Ingin Mendaki

lrm_export_20190816_185146_sS5.jpg
Spot Kawah Ijen (c) trustyour journey/Travelingyuk

Sebelum mendaki, diusahakan untuk mengisi perut terlebih dulu. Nah, supaya uang kalian tidak ludes karena membeli makanan di sekitar Paltuding, bawa saja camilan dari rumah. Bisa roti atau jenis makanan yang tahan lama.

img_20190827_000605_081_jvp.jpg
Spot sekitar Kawah Ijen (c) trustyour journey/Travelingyuk

Untuk air minum juga begitu, usahakan membawa sendiri dari rumah. Namun, ada baiknya saat ingin mendaki, hindari minum terlalu banyak. Alasannya karena terlalu banyak minum bisa membuat badan lemas, sehingga lamban saat melakukan pendakian.

Tips Aman Mendaki Kawah Ijen Tanpa Guide

dsc_0160_2fV.JPG
Mendaki dengan kerabat (c) trustyour journey/Travelingyuk

Mendaki tanpa guide memang penuh risiko, tapi kalian perlu keberanian lebih apabila ingin hemat biaya. Dengan mengikuti rombongan lain yang mendaki tanpa menggunakan guide. Jadi, Teman Traveler tak perlu takut tersesat, lantaran kemungkinan besar pendaki tanpa pemandu sudah berpengalaman.

20190908_091331_pi1.jpg
Ajak teman yang berpengalaman (c) trustyour journey/Travelingyuk

Apabila tidak ingin menambah risiko, bisa ajak teman kalian yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, kalian akan aman dan tentunya tidak perlu sungkan kalau ingin meminta bantuan.

Jadi, itulah tips untuk jelajah Kawah Ijen dengan biaya hemat. Intinya, untuk memangkas biaya saat mendaki gunung cantik ini adalah berpetualang tanpa menggunakan guide. Memang berisiko, tapi ada cara aman yang bisa dilakukan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kemudian, kalau ingin mendaki ke Gunung Ijen, ada baiknya pergi di Bulan Juli – September. Alasannya karena di luar bulan tersebut adalah musim hujan, sehingga membuat pijakan menjadi lebih licin. Jadi, selamat berpetualang ke Kawah Ijen, ya.

Tags
Banyuwangi Indonesia Kawah Ijen kawah ijen biaya hemat kontributor tips dan inspirasi
Share