Mau Melihat Blue Fire di Kawah Ijen? Baca 5 Aturan Berikut!

Siapa yang pernah melihat Blue Fire? Wisata api biru yang keluar secara alami ini hanya ada 2 di dunia, salah satunya di Kawah Ijen, Banyuwangi. Karena hanya bisa terlihat saat matahari terbenam, kalian harus mempersiapkan banyak hal untuk mendaki kawasan Gunung Ijen di malam hari. Berikut 5 aturannya!

1. Hindari memakai Kendaraan Matic

whatsapp_image_2019_10_01_at_12_Xjz.jpeg
Jenis motor matic (c) Denah Lucky Sari/Travellingyuk

Sudah menjadi aturan umum bahwa motor matic ‘haram’ dibawa mendaki gunung. Selain spesifikasinya yang tidak didesain untuk medan gunung, jalanan di Ijen yang minim penerangan saat malam hari membuat kalian akan menantang maut jika nekat. Sudah banyak korban berjatuhan karena wisatawan tidak memperhatikan aturan ini.

2. Bawalah masker

dsc_0292edit_spP.jpg
Pakai masker (c) Denah Lucky Sari/Travellingyuk

Ini penting banget, Teman Traveler! Kawah Ijen terkenal dengan kandungan belerang di udara yang tinggi. Uap belerang sendiri sangat berbahaya apabila dihirup, apalagi kalau sampai masuk ke dalam paru-paru. Maka, sudah wajib hukumnya untuk menyediakan masker, kalau bisa yang berjenis N95.

3. Pakai Jasa Guide

img_20190916_052251_1VO.jpg
Berfoto yang guide (c) Denah Lucky Sari/Travellingyuk

Buat yang baru pertama kali ke kawah Ijen, pakailah jasa guide untuk menemani kalian sepanjang perjalanan. Peran guide sangat penting. Selain menyemangati kalian apabila kelelahan, beliau juga bisa memberikan informasi berharga tentang Blue Fire.

4. Jangan salah memakai sepatu!

whatsapp_image_2019_10_01_at_12_5Bb.jpeg
Pakailah sepatu (c) Denah Lucky Sari/Travellingyuk

Alas kaki adalah salah satu atribut terpenting untuk hiking, termasuk saat mau melihat Blue Fire di Kawah Ijen. Pakailah sepatu gunung yang terjamin betul keamanannya. Sudah banyak sekali pendaki yang terkilir karena salah memakai alas kaki.

5. Siapkan fisik dan perbekalan secukupnya!

img_20190916_053057_lcM.jpg
Medan perjalanan (c) Denah Lucky Sari/Travellingyuk

Fisik harus dilatih supaya tahan banting dengan medan gunung yang menanjak dan tak rata. Untuk mencapai kawah Ijen sendiri, kalian harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer. Jangan lupa persiapkan bekal dan minum yang cukup agar energi Teman Traveler tetap terjaga!

Demikian aturan-aturan yang harus kalian perhatikan. Sudah siap melihat pesona Blue Fire di Kawah Ijen? Jangan lupa kunjungi tempat wisata di Banyuwangi lainnya!

Tags
Banyuwangi Indonesia Jawa Timur kontributor Melihat blue fire tips dan inspirasi Travelingyuk
Share