Cuma Modal Rp 20 Ribu, Bisa Liburan ke Purwakarta!

Bandung merupakan kota kenangan yang susah dilupakan. Akan selalu ada alasan untuk bisa kembali. Untuk Teman Traveler yang tertarik ke Jawa Barat, khususnya Purwakarta. Ternyata ada banyak caranya, lho. Salah satunya dengan naik kereta dengan tarif 20 ribu rupiah saja. Biar nggak semakin penasaran, ini dia cara liburan ke Purwakarta hanya dengan budget minim!

1. Ada 2 cara alternatif dari Jakarta menuju Purwakarta

Stasiun Tanjung Priok
Stasiun Jakarta Kota (c) Silvi Hidayah/Travelingyuk

Pertama, jika berada di Depok maka kamu harus menuju ke Stasiun Pondok Cina. Nantinya kamu bisa turun di stasiun Jakarta Kota – Tanjung Priuk dengan naik kereta lokal Walahar Express. Cukup dengan biaya 5 ribu rupiah kamu sudah bisa sampai di stasiun Tanjung Priuk.

Cara alternatif lainnya, kamu bisa naik kereta dari Cikarang. Baiknya pilih jadwal keberangkatan yang lebih pagi agar punya banyak waktu saat sampai di Purwakarta. Selain itu, usahakan hindari hari libur karena stasiun akan ramai. Untuk harga tiket Cikarang – Purwakarta kamu cukup mengeluarkan uang 6 ribu rupiah untuk satu kali perjalanan. Lama waktu perjalanan Cikarang-Purwakarta bisa menghabiskan waktu selama 3 jam. Meskipun lama namun kamu bisa menikmati pemadangan yang indah melalui jendela kereta.

2. Tiba di Stasiun Purwakarta

Pemandangan stasiun purwakarta
Stasiun Purwakarta (c) Silvi Hidayah/Travelingyuk

Setelah sampai di Stasiun Purwakarta, kamu akan menemukan hal yang unik di sini. Nantinya kamu akan menemukan salah satu icon di Stasiun Purwakarta yaitu Patung Bima yang berdiri gagah. Selain patung Bima, kamu juga akan menemukan tumpukan gerbong warna-warni dan semacam bangunan bekas kolonial Belanda. Jangan lupa foto-foto di sana ya!

3. Berkunjung ke Museum Purwakarta

Museum Purwakarta
Museum Purwakarta (c) Silvi Hidayah/Travelingyuk

Letak Museum Purwakarta ini tak jauh dari Stasiun Purwakarta. Museum ini terbilang berbeda dari museum lainnya. Museum ini sudah memakai teknologi digital dalam fasilitasnya. Mulai dari memahami sejarah kota Purwakarta sampai wayang golek, museum ini sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi cukup dengan isi buku tamu, kamu sudah bisa masuk museum ini secara gratis.

4. Pulang naik kereta lokal Purwakarta – Cibatu

Stasiun Bandung Barat
Balik lewat Cibatu (c) Silvi Hidayah/Travelingyuk

Biasanya saat waktu menjelang sore, tiket kereta akan segera habis. Kamu bisa membeli tiket kereta online 1 jam sebelum perjalanan. Harga tiketnya cukup 8 ribu rupiah. Sedangkan untuk waktu perjalanannya menghabiskan waktu 2 jam.

Nah, itu dia biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan Jakarta – Bandung yang berkisar sekitar 20 ribu rupiah. Untuk kamu yang punya banyak waktu cobalah sesekali mencoba tantangan yang seru ini. Tak hanya jalan-jalan, dalam perjalanan ini kamu pasti akan mendapatkan banyak pengalaman. Meski perjalanan ini hanya sebentar, namun perasaan di hati ini tak akan pudar. Jadi, kapan kamu melancong ke Bandung?

Tags
Bandung Jakarta kontributor tips memulai perjalanan tips traveling
Share