Mekaki Marathon 2018, Berkompetisi Sembari Menyusuri Pantai Lombok Barat

Sidik Al-Anshori

Sidik Al-Anshori

On Indonesia
Mekaki Marathon 2018 Mekaki Marathon 2018

Setelah perhelatan Mekaki Marathon pertama kali sukses ditahun 2017, tahun ini event lari berlatar keindahan alam Lombok ini kembali hadir bertajuk Mekaki Marathon 2018. Acara yang diselenggarakan oleh Pemkab Lombok Barat dan Pembrov NTB ini berlangsung pada tanggal 28 Oktober 2018 dan sangat menyedot perhatian peserta dan masyarakat sekitar. Seperti apa keseruannya? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

1. Bertema ‘Lombok Bangkit’

Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat menyampaikan sambutan pada perhelatan Mekaki Marathon 2018
Gubernur NTB Zulkieflimansyah (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Mekaki Marathon 2018 ini mengusung tema ‘Lombok Bangkit’. Bukan tanpa alasan, tema ini diangkat untuk menandai kebangkitan sektor pariwisata di Lombok pasca musibah gempa bumi beberapa waktu yang lalu. Melalui event ini diharapkan Teman Traveler tidak perlu merasa khawatir lagi kalau ingin berkunjung ke Lombok karena kondisi Lombok pada saat ini sudah relatif aman untuk dikunjungi.

Para peserta Mekaki Marathon 2018 tampak bersemangat berlari di trek yang cukup menantang
Para peserta Mekaki Marathon 2018 (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

2. Melintasi Trek Pantai Mekaki yang Kece Abis

Keindahn Pantai Mekaki dari Ketinggian
Keindahan Pantai Mekaki dari Ketinggian (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Pantai Mekaki berada di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat yang dilalui pada Mekaki Marathon 2018 ini cukup menantang. Trek yang menanjak dan menurun menjadi tantangan berat bagi peserta.

Mekaki Marathon
Mekaki Marathon (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Namun itu akan terbayar dengan keindahan alam di sekitar Mekaki yang didominasi perbukitan dan pantai. Acara ini sendiri memang sengaja dilaksanakan untuk memperkenalkan keindahan Pantai Mekaki kepada masyarakat dan Teman Traveler tentunya.

trek yang memiliki keindahan memesona
trek yang memiliki keindahan memesona (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

3. Antusias Peserta yang Tinggi

para peserta bersiap untuk start
Para peserta bersiap untuk start (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Antusias peserta yang mengikuti salah satu event penting di Lombok ini cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang berjumlah lebih dari 1000 orang. Peserta tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada juga dari mancanegara. Event ini memiliki dua kategori yaitu kategori 10K yang diikuti oleh 1000 peserta dan 5K yang diikuti oleh 500 peserta.

para peserta nampak besemangat
Para peserta nampak bersemangat (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Diikuti Oleh Artis Ibu Kota

nampak Wulan Guritno dan Ben Joshua berada diantara para pelari lainnya
Wulan Guritno dan Ben Joshua (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Selain diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah, para artis Ibukota pun tidak ingin ketinggalan berpartisipasi di event Mekaki Marathon 2018 ini. Wulan Guritno dan Ben Joshua nampak berada di antara para peserta lainnya. Tentunya hal ini menjadi perhatian masyarakat dan para peserta lainnya di lokasi acara.

Ben Joshua mencapai garis finish
Ben Joshua mencapai garis finish (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

5. Ingin Menyemangati Warga Lombok

Wulan Guritno mencapai garis finish
Wulan Guritno mencapai garis finish (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Ben Joshua mengaku sangat takjub dengan keindahan pemandangan di trek Mekaki. Ia mengaku baru pertama kali berkunjung ke Lombok. Sedangkan Wulan Guritno mengaku sudah mempelajari treknya karena ini merupakan kali keduanya mengikuti event ini. Selain Wulan dan Ben Joshua, ada Adila Dimitri, Fajar “Alexa”, dan pelatih lari nasional Agung Gantar juga ikut berpatisipasi pada event tersebut. Mereka semua memiliki tujuan yang sama yaitu ingin menyemangati warga Lombok pasca musibah gempa beberapa waktu lalu.

seorang peserta dan putranya mencapau garis finish
Seorang peserta dan putranya mencapai garis finish (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Itu tadi ulasan tentang Mekaki Marathon 2018. Bagi Teman Traveler yang ingin ikut berpartisipasi, tahun depan acara ini juga diwacanakan akan kembali digelar. Jadi jangan sampai ketinggalan ya. Mari kita dukung kebangkitan pariwisata Lombok. Setuju, kan?