Umbul Ponggok? Salah, Ini Mata Air Kasumber di Subang!

Foto di dalam air menggunakan properti dan berpose layaknya sedang melakukan aktivitas seperti di kehidupan sehari-hari seperti gambar di bawah ini pasti banyak yang langsung menebak jika tempat pengambilan gambarnya berada di Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Jangan salah, karena foto tersebut diambil di kabupaten Subang!

Kabupaten Subang mempunyai banyak sekali mata air murni dimana salah satunya bahkan digunakan sebagai sumber air minum kemasan bermerek “Aqua.” Jadi bukan hal yang aneh jika di daerah ini juga mempunyai kolam alami berair super jernih seperti di Umbul Ponggok yang lagi booming di Klaten itu.

Mata Air Kasumber, via instagram
Mata Air Kasumber, via instagram

Adalah Mata Air Kasumber, terletak di desa Pesanggrahan, kecamatan Kasomalang, Subang, Jawa Barat. Mata air ini berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 1 jam perjalanan. Dengan adanya Mata Air Kasumber kini traveler dari Subang dan wilayah sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Klaten kalau mau mendapatkan hasil foto bawah air yang kece.

Sama seperti Umbul Ponggok, dasar mata air ini berupa pasir dan bebatuan yang nampak alami saat difoto. Hasilnya pun tak jauh berbeda dengan keadaan dasar laut yang sesungguhnya dengan kelebihan menyelam dan snorkeling di kolam ini lebih aman buat siapa saja termasuk mereka yang tidak bisa berenang.

Jernihnya Mata Air Kasumber, via instagram
Jernihnya Mata Air Kasumber, via instagram

Bedanya Mata Air Kasumber di Subang ini belum dikembangkan sebagai tujuan wisata komersil. Pengelolaannya pun masih digarap secara swadaya. Namun mengingat potensi besar yang ada dan ramainya kunjungan wisatawan setiap harinya, bisa jadi kedepan tempat ini akan dikelola secara profesional dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Subang.

Tips kalau mau mendapatkan hasil foto yang keren, traveler arus bawa sendiri properti pendukung bisa berupa buku, karpet, kursi, alat masak dan lain sebagainya. Jangan lupa pula membawa kamera underwater lengkap dengan tools tambahan bernama dome, alat berbentuk setengah lingkaran untuk mengambil gambar di dua alam (di dalam air dan di atas permukaan air). Yang terakhir, selalu jaga kebersihan mata air, sampah bekal yang kamu bawa bawa pulang kembali ya!

Tags
Mata Air Kasumber Subang Umbul Ponggok
Share