Coba Mata Air Guyangan Nusa Penida, Kolam Renang Alami di Atas Tebing yang Eksotis

Advertisement

Bagaimana rasanya berenang di atas ketinggian tebing? Penasaran, kan? Jika ingin mencobanya, Teman Traveler bisa langsung datang ke kawasan Nusa Penida. Di sini ada sebuah kolam renang alami yang letaknya di atas tebing, yaitu Mata Air Guyangan. Bagaimana bisa, sebuah kolam dengan air alami, tetapi letaknya di atas tebing yang tinggi? Daripada semakin gemas karena penasaran, simak uraian berikut ini yuk!

1. Keunikan Kolam Alami di Atas Tebing

Sensasi Berendam di Atas Tebing via Instagram/ jovianpangestu

Mata Air Guyangan berbeda dengan kolam pemandian yang banyak wisata di Bali lainnya. Ia berada di area bibir tebing yang tinggi. Air yang ada di dalam kolam merupakan aliran alami yang keluar dari tebing. Banyaknya debit air yang keluar kemudian ditampung di sebuah kolam. Kolam inilah yang banyak digunakan oleh para pengunjung untuk berendam.

2. Berendam dengan Pemandangan Samudera Hindia

Berendam dengan Pemandangan Samudera Hindia via Instagram/ robintuck1

Mata Air Guyangan yang ada di Nusa Penida digunakan sebagai sumber mata air untuk kegiatan warganya sehari-hari. Debitnya yang cukup besar, sekitar 120 liter per detik membuat kolam tampung bahkan kewalahan. Tidak jarang, airnya sering berjatuhan ke laut yang ada di bagian bawah.

Sensasi yang Tidak Dimiliki Kolam Alami Lainnya via Instagram/ renatapineze

Berendam di sini, Teman Traveler memang akan dimanjakan oleh pemandangan langsung dari Samudera Hindia. Laut yang menghampar luas serta deburan ombak, bisa dinikmati sambil berendam di sini. Pas sekali untuk Teman Traveler yang butuh relaksasi.

3. Akses Jalan yang Menguji Keberanian

Tangga Curam yang Harus Dilalui via Instagram/ dimitri.tarachan

Lokasi Mata Air Guyangan yang ada di bibir tebing, memaksa para pengunjung untuk melalui perjalanan yang cukup menguji keberanian. Teman Traveler termasuk adrenalin junkie, pasti merasa tertantang untuk melewatinya. Bagaimana tidak, untuk sampai ke kolam renang alami ini, anak tangga dengan kemiringan hampir 80 derajat harus dilalui.

Harus Melalui Tangga dengan Kemiringan Ekstrem via Instagram/ tontresnavenda

Tangga yang terbuat dari besi dan menempel pada tebing serta berjumlah 870 anak tangga ini berjarak sekitar 450 meter dari kolam alami. Setelah segar berendam, harus siap-siap untuk kembali menaiki tangga tersebut, ya. Pastikan untuk selalu berhati-hati saat melaluinya.

4. Lokasi Mata Air Guyangan

Rencanakan Mengunjunginya Saat ke Nusa Penida via Instagram/ morana.exploradora

Penasaran dengan Mata Air Guyangan, Teman Traveler harus menyebrang ke Nusa Penida. Lanjutkan menuju wilayah Banjar Guyangan, Desa Batu Kandik. Dari Pelabuhan Nusa Penida, jaraknya sekitar 25 Km. Jika dari Sanur, butuh perjalanan sekitar 40 menit. Sementara itu, dari dermaga Pantai Pesinggahan hanya butuh waktu sekitar 20 menit.

Destinasi Wisata yang Cantik di Nusa Penida via Instagram/ putureza

Selama berada di sini, Teman Traveler wajib mematuhi peraturan yang ada. Seperti wanita haid dilarang mendekati mata air. Karena di bagian bawah mata air terdapat pura sebagai tempat ibadah. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan berlaku sopan.

Terbayang Bagaimana Sensasinya Berendam di Sini via Instagram/ lampahabdi

Liburan ke Bali semakin banyak saja alasannya. Setelah pantai-pantai yang eksotis, Mata Air Guyangan juga sayang untuk dilewatkan. Tertarik untuk berendam di bibir tebing dengan pemandangan langsung ke Samudera Hindia? Yuk agendakan segera!

Advertisement
Tags
Bali Indonesia mata air guyangan Wisata wisata bali
Share