4 Masjid Unik di Makassar, Ada yang Terapung di Tengah Laut

Makassar memiliki beragam ‘harta karun’ di dalamnya. Apalagi kalau bukan wisata yang selalu membuat para turis ingin selalu kembali ke sana. Nah, kali ini Travelingyuk akan membahas tentang masjid-masjid unik yang selalu membuat wisatawan penasaran ingin berkunjung. Apa saja? Simak ulasan berikut ini. 

1. Masjid 99 Kubah yang Tren Akhir-akhir Ini

masjid unik di makassar
Masjid 99 Kubah via Fagil Muhammad/Travelingyuk

Sesuai dengan namanya, Masjid 99 Kubah Makassar ini memiliki kubah-kubah kecil berjumlah banyak dan juga tertata rapi. Warnanya pun juga sangat menarik karena tidak seperti tempat ibadah pada umumnya. Masjid tersebut memiliki warna merah, jingga dan kuning. 

Kini, masjid yang didesain oleh Ridwan Kamil tersebut masih belum bisa digunakan 100%. Alasannya karena masih ada tahap pembangunan yang belum terselesaikan dan beberapa faktor lainnya. Tapi, tempat ibadah yang berada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar tersebut sudah bisa Teman Traveler saksikan dari jarak dekat sambil memandang indahnya Pantai Losari.

2. Masjid Al Fatih Al Anshar dengan Desain Menyerupai Kakbah

masjid unik di makassar
Masjid Al Fatih Al Anshar via instagram/amirullah_cfc

Tempat ibadah yang tak kalah unik lainnya adalah Masjid Al Fatih Al Anshar. Lokasinya di Jalan Paccinang Raya, Kelurahan Tello, Kecamatan Panakukang. Tidak ada menara yang menjulang tinggi atau pilar-pilar besar seperti bangunan serupa lainnya. Tapi, di salah satu sudut dibentuk menyerupai bangunan Kakbah. Memiliki ukuran lebar 7 meter, dan tinggi 12 meter, lengkap dengan replika Hajar Aswad di sudutnya.

Selain itu, bagian dalam juga memiliki konsep tersendiri. Adalah alam semesta dan ruang angkasa. Maka tak heran jika di bagian interior ditemukan hal-hal yang berhubungan dengan bintang-bintang.

3. Masjid Amirul Mukminin yang Terapung di Laut

masjid unik di makassar
Masjid Amirul Mukminin via instagram/
yusan_op

Konsep tak biasa lainnya bisa Teman Traveler temukan di Masjid Amirul Mukminin, yang dibangun dengan konsep floating mosque. Tempat ibadah ini dibangun di atas tumpukan beton yang didorong ke dasar laut dan bentuknya menyerupai rumah panggung tradisional Makassar serta Bugis.

Kelebihan lainnya dari masjid apung pertama di Indonesia ini adalah adanya tiga lantai  yang mampu menampung sekitar 400 hingga 500 jamaah. Kemudian, di bagian bawah masjid juga dapat digunakan pengunjung untuk bersantai. Kalau Teman Traveler tertarik berkunjung, bisa langsung datang ke Jalan Penghibur No 289, Losari, Makassar. 

4. Masjid Syura yang Terdapat Miniatur Kakbah di Dalamnya

Masjid Syura via instagram/ yuyuuniwan

Yang terakhir dan tidak kalah unik adalah Masjid Syura. Bertempat di Jalan Arief Rahman Hakim, Kelurahan Ujung Pandang Baru, Kecamatan Tallo, Makassar. Memiliki arsitektur Kakbah di dalamnya. Salah satu marbot yaitu Haji Taju mengungkapkan miniatur tersebut bertujuan untuk lebih ‘mendekatkan’ jamaah dengan Tanah Suci.

Selain itu juga dilengkapi 25 unit pendingin ruangan. Tujuannya, supaya para jamaah yang beribadah merasa lebih nyaman. Kemudian, ada beberapa lampu untuk mendukung keindahan properti yang ada. 

Itulah beberapa masjid unik yang ada di Makassar. Berdasarkan ulasan di atas, tempat tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Mulai dari kubah yang berjumlah banyak sampai dengan mengusung desain ala Kakbah.

Tags
Indonesia Makassar masjid unik di makassar Sulawesi Selatan Wisata
Share