Masjid Taichung, Taiwan Rasa Indonesia

Taiwan kini telah menjadi negara ramah Muslim, dengan adanya beragam destinasi wisata halal. Selain itu, negara ini pun telah mendirikan beberapa masjid. Salah satunya Masjid Taichung yang ada di Distrik Nantun, Kota Taichung.

Masjid ini terbilang istimewa terutama bagi warga Indonesia. Tim Travelingyuk pun sempat singgah ke sini ketika berada di Taiwan. Yuk simak informasi selengkapnya.

Dilengkapi Petunjuk Bahasa Indonesia

Petunjuk Berbahasa Indonesia (c) Travelingyuk
Petunjuk Berbahasa Indonesia (c) Travelingyuk

Setiap tempat umum tentu dilengkapi dengan sejumlah petunjuk, begitu juga Masjid Taichung. Istimewanya, ternyata ada petunjuk tertulis dalam Bahasa Indonesia. Di antaranya tanda mengenai lokasi wudhu, loker, dan himbauan-himbauan lain.

Petunjuk Berbahasa Indonesia (c) Travelingyuk
Petunjuk Berbahasa Indonesia (c) Travelingyuk

Menurut penuturan pengurus masjid, Bahasa Indonesia ditampilkan sebab mayoritas jemaah berasal dari Indonesia. Sehingga Teman Traveler tidak akan kebingungan jika beribadah di sini.

Masjid ke-4 di Taiwan

Dibangun Tahun 1951 (c) Travelingyuk
Masjid Ke-4 di Taiwan (c) Travelingyuk

Taichung Mosque merupakan masjid ke-4 yang dibangun di Taiwan. Selain menjadi tempat salat, Masjid Taichung juga difungsikan sebagai Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Ditambah lagi ketika bulan Ramadan, masjid ini mengadakan buka bersama. Jemaah memenuhi Masjid Taichung terutama hari Jum’at dan akhir pekan.

Dibangun Tahun 1951

Berfungsi Juga sebagai TPQ (c) Travelingyuk
Dibangun Tahun 1951 (c) Travelingyuk

Masjid Taichung mulai dibangun pada tahun 1951, hasil inisiatif warga Muslim di Taichung. Berdirinya tempat ibadah ini bermula dari sejumlah warga Muslim yang pindah dari Tiongkok menuju Taiwan. Awalnya mereka beribadah di rumah masing-masing. Kemudian jumlah mereka semakin bertambah. Sehingga didirikanlah Masjid Taichung.

Dana pembangunan masjid berasal dari donasi berbagai pihak. Namun pembangunan sempat berhenti sementara akibat masalah finansial. Barulah dilanjutkan hingga selesai sepenuhnya pada tahun 1994.

Singgah ke Masjid Taichung

Berlokasi di Taichung (c) Travelingyuk
Berlokasi di Taichung (c) Travelingyuk

Teman Traveler yang liburan di Kota Taichung, bisa mampir ke tempat ibadah ini saat mau salat. Bahkan bisa bertemu dengan jemaah asal Indonesia lainnya. Dapat dimanfaatkan untuk sharing mengenai wisata halal di Taiwan. Siapa tahu bisa menambah daftar destinasi liburan di negara ini.

Himbauan dalam Bahasa Indonesia (c) Travelingyuk
Himbauan dalam Bahasa Indonesia (c) Travelingyuk

Masjid Taichung berlokasi di Dadun South Road 457, Distrik Nantun, Kota Taichung. Kalau dari pusat Kota Taichung bisa naik kendaraan bermotor, menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit perjalanan. Bisa juga naik bus umum menuju Wuquan W. Dadun Rd. Intersection.

Itulah gambaran masjid yang punya petunjuk dalam Bahasa Indonesia. Bagaimana kapan liburan ke Taiwan? Masjid Taichung siap menyambut Teman Traveler.

Tags
asia Luar negeri masjid Taiwan Wisata
Share