Ajaib! 4 Masjid Ini Selamat dari Hantaman Bencana

Di hari Jum’at tepatnya tanggal 26 Juli kemarin, Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi. Daerah sekitar gunung mulai terkena abu dengan ketebalan tertentu. Tapi anehnya, salah satu masjid yang berada di sekitar gunung hanya terkena abu sedikit. Nah, sebenarnya peristiwa unik semacam ini tidak hanya terjadi sekali atau dua kali. Ada banyak masjid yang selamat dari hantaman bencana. Yuk simak kisah-kisah menariknya di bawah ini. 

Masjid Jabal Nur yang Nyaris Tak Tersentuh Abu Gunung Tangkuban Perahu

masjid selamat dari bencana
Masjid Jabal Nur via twitter/Waras

Masjid yang dimaksud di paragraf sebelumnya bernama Jabal Nur. Tempat ibadah satu ini berada kurang lebih 500 meter dari titik erupsi. Di bagian teras masjid tak terlihat tumpukan abu vulkanik. Hanya di bagian badan jalan terdapat abu tebal mencapai 3 cm.

Menurut petugas tiket Tempat Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu, Afero Sebayang, di dalamnya masih bersih seperti tidak ada abu yang masuk. Seperti tidak mungkin rasanya, karena Afero mengatakan bahwa di sekeliling masjid ada lubang angin yang besar. 

Masjid Raya Baiturrahman Aceh yang Tetap Kokoh Dihantam Tsunami

Masjid Raya Baiturrahman via shutterstock

Sejumlah masjid di Aceh tetap gagah berdiri setelah tsunami setinggi 22 meter menerjang pada 26 Desember 2004 silam. Salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman Aceh yang dibangun sejak masa pemerintahan Belanda.

Hanya sebagian kecil bagian bangunan yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut. Oleh karena itu, hingga saat ini, Masjid Raya Baiturrahman menyita banyak perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. 

Masjid Al Mujahidin Yogyakarta yang Hanya Dilewati Lava Merapi 

Masjid Al Mujahidin via instagram/pur1ta

Letusan gunung tentu membuat siapapun khawatir dan takut. Ketika Merapi memuntahkan lava panasnya pada 26 Oktober 2010 lalu, semua orang yang tinggal di sekitar daerah tersebut diungsikan dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Saking mengerikannya letusan ini, juru kunci Merapi, Mbah Maridjan meninggal tak lama setelah letusan gunung tersebut.

Ajaibnya, di tengah bencana lava dan awan panas yang menewaskan apapun yang ia lewati, sebuah masjid bernama Al Mujahidin masih berdiri kokoh seolah tak tersentuh. Sungguh ini semua kuasa Tuhan yang maha berkehendak. 

Masjid Argam Bab Al Arham yang Bangunan Utamanya Kokoh Diterjang Tsunami

Masjid Argam Bab Al Arham via instagram/moh_rifky_

Musibah gempa yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah di 2018 lalu telah memporakporandakan hampir seluruh bagian kedua wilayah tersebut. Tapi, ada satu bangunan yang bangunannya masih terlihat kokoh meski tiang penyangganya hancur, yaitu Masjid Argam Bab Al Arham. 

Bangunan masjid yang terletak di pinggir Pantai Talise ini tetap terlihat utuh meski sebagian bangunannya sedikit tenggelam dan posisinya sudah bergeser.  Tidak hanya posisinya saja yang sudah bergeser, jembatan yang menghubungkan masjid dengan daratan juga hancur. 

Namun bangunan utama masjid, tetap berdiri kokoh dan tidak hancur sama sekali. Kondisi terkini masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Terapung Palu ini sudah banyak beredar luas, salah satunya seperti yang diunggah pemilik akun Instagram @moh_rifky_ beberapa waktu lalu. 

Itulah deretan masjid yang selamat dari hantaman bencana. Ini semua terjadi karena adanya campur tangan Tuhan. Pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian di atas adalah tetap menjaga rumah ibadah, akan lebih baik kalau dimakmurkan dan digunakan dengan baik.

Tags
Aceh Indonesia Jawa Barat masjid selamat dari bencana Sulawesi Tengah Wisata Yogyakarta
Share