Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang, Miliki Kubah Terbesar di Dunia

Di Tangerang, ada sebuh masjid dengan arsitektur yang begitu megah dan unik. Namanya adalah Masjid Raya Al-A’zhom yang merupakan kebanggaan warga Tangerang. Bentuknya cantik, serta dikelilingi pohon kurma, membuat tempat ini ramai saat waktu menjelang berbuka. Ditambah lagi dengan stan-stan makanan yang berjajar, makin menyedot pengunjung untuk berdatangan.

Kebanggaan Masyarakat Tangerang

Kebanggannya warga Tangerang, via Instagram/abdul.aziz.tabrawi
Kebanggannya warga Tangerang, via Instagram/abdul.aziz.tabrawi

Masjid Al-A’zhom didirikan pada tanggal 28 Februari 2003 oleh Menteri Agama Said Aqgil Husin Al Munawar. Konsep yang diusung oleh masjid ini sendiri merupakan perpaduan antara tradisional dan modern.

Nuansa modern akan bisa Teman Traveler lihat dari ornamen yang berada di sekitaran masjid, seperti halnya dekorasi berbentuk garis-garis geometrik. Nuansa tradisional juga bisa kamu lihat dari interior di seklilingnya, dua konsep yang menyatu dengan indahnya.

Kubah Terbesar di Dunia dan Beduk Terbesar di Indonesia

Kubah terbesar di dunia, via Instagram/bungard18
Kubah terbesar di dunia, via Instagram/bungard18

Perancang masjid yang sangat unik ini adalah Slamet Wirasonjaya. Beliau memberikan ciri utama pada masjid ini adalah dengan lima kubah dengan ukuran raksasa. Kubah ini berjumlah lima buah lantaran menyimbolkan lima rukun Islam dan kewajiban shalat lima waktu. Kubah utama masjid ini menjadi 33,685 meter, digadang-gadang jadi yang terbesar di dunia. Sementara yang kecil 32,782.

Desain yang megah, via Instagram/panoramatangerang
Desain yang megah, via Instagram/panoramatangerang

Tidak hanya itu yang menjadi daya tarik utama, di masjid Tangerang ini juga ada beduk terbesar se-Indonesia. Diameternya mencapai 185 sentimeter, panjangnya 300 setimeter. Beduk ini terbuat dari kulit lembu warna cokelat mengkilat.

Ada pula kaligrafi berwarna emas menghiasi beduk tersebut. Lebar kayunya sekitaran 17 sentimeter dan tingginya sekitaran 280 sentimeter. Beduk ini berasal dari Jogjakarta, dan dibuat pada 7 November 2002.

Aktivitas Seru Puasa di Sekitaran Masjid

Festival Ramadan di depan masjid, via Instagram/arifin_313tangerang
Festival Ramadan di depan masjid, via Instagram/arifin_313tangerang

Saat Ramadan tiba, ada saja acara yang digelar, termasuk juga dengan festival berupa pasar dadakan bertabur diskon di depan Masjid Raya Al Azhom. Sejumlah stan menyediakan berbagai keperluan Ramadan dan hari raya. Mulai dari makanan, minuman, sampai dengan pakaian.

Tidak hanya lengkap, harganya juga cukup terjangkau, ada diskon yang diberikan. Karena hal itulah, banyak juga orang-orang yang ngabuburit di sekitaran masjid.

Buat kamu yang sekarang sedang berada di sekitaran Tangerang, Masjid Raya Al-A’zhom ini bisa jadi lokasi ngabuburit nanti ya. Sambil menunggu waktu berbuka tiba, kamu bisa berkeliling juga, belanja, melihat-lihat banyak pepohonan (termasuk kurma), atau memperbanyak ibadah. Yuk, ngabuburit di sini!

Tags
Indonesia Masjid Raya Al-A'zhom wisata di tangerang Wisata Tangerang
Share