Mengunjungi Masjid Ka’bah Subang, Luar Dalam Sungguh Indah

Ka’bah adalah bangunan suci yang menjadi kiblat umat Islam se-dunia. Selain itu, juga sebagai pusat ibadah umroh atau haji. Tidak sedikit yang bercita-cita datang ke sana. Jika belum mendapat kesempatan untuk mengunjunginya, kamu bisa datang ke Subang. Ada satu masjid yang arsitekturnya menyerupai Ka’bah. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak Memiliki Kubah

Masjid Kakbah Subang.
Masjid Kakbah Subang. [image source]
Masjid bernama At-Toyibah ini berbeda dengan masjid pada umumnya yang berkubah. Bangunannya berbentuk kotak mirip dengan Ka’bah di Masjidil Haram, Arab Saudi. Dibangun mulai 2015, kini masjid ini dapat digunakan untuk ibadah.

2. Tidak Ditutupi Kiswah

Masjid
Masjid [image source]
Dengan luas 2.800 meter persegi, masjid ini memiliki tiruan tempat hajar aswad di sudut bangunannya, termasuk replika Hijr Ismail. Warnanya pun disamakan dengan bangunan Ka’bah aslinya. Bedanya masjid unik ini tidak ditutupi dengan kiswah atau kain penutup, melainkan dengan cat tembok dan hiasan kaligrafi indah yang mengelilingi bangunan.

3. Menarik Perhatian Banyak Orang

Masjid Kakbah Subang.
Masjid Kakbah Subang. [image source]
Awal berdirinya masjid ini sempat mengagetkan banyak orang. Sebagian tidak percaya dan mengira bangunan ka’bah pindah ke Kalijati, Subang. Suasana di dalamnya membuat orang yang beribadah jadi rindu ka’bah. Dinding keramik serta lantai granit membuat udara semakin terasa sejuk. Kaligrafi dibagian dalam ikut memperindah.

4. Dibangun Karena Kerinduan Pada Ka’bah

Masjid Kakbah Subang.
Masjid Kakbah Subang. [image source]
Si pemilik membangun masjid ini karena terinspirasi kerinduannya untuk kembali beribadah  ke Mekah. Di komplek masjid juga terdapat miniatur Bukit Safa Marwah. Di bagian lain berdiri maqam Nabi Ibrahim. Beberapa pohon palem pun ditanam rapi di sekitarnya.

5. Akan Jadi Tempat Bimbingan Manasik Haji

Masjid Kakbah Subang.
Masjid Kakbah Subang. [image source]
Rencananya juga akan dibangun tempat tawaf, dan tempat sa’i, serta madrasah. Namun pembangunan tertunda lantaran ketiadaan dana. Apabila semua situs yang direncanakan telah dibangun, umat Islam di Kalijati dan sekitarnya dapat memanfaatkannya sebagai pusat kegiatan keagamaan, termasuk bimbingan manasik haji.

6. Jadi Wisata Religi

Masjid Kakbah Subang.
Masjid Kakbah Subang. [image source]
Berdirinya masjid ka’bah ini juga membuat orang lebih semangat beribadah di dalamnya. Ketika momen-momen perayaan agama Islam seperti bulan Ramadan, masjid ini semakin banyak dikunjungi orang. Selain beribadah banyak juga yang berfoto.

Itulah beberapa ulasan tentang masjid unik di Subang yang menyerupai ka’bah. Terlepas dari apapun bentuknya, mengunjungi masjid haruslah semata-mata untuk tujuan beribadah. Jangan sampai karena memburu foto-foto bagus, jadi lalai dalam menjalankan ibadah. Setuju kan?

 

Tags
Indonesia Jawa Barat masjid Subang
Share