Wisata Religi ke Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin, Masjid Kebanggaan Lampung Barat

Advertisement

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin, masjid kebanggaan warga Lampung Barat yang bukan hanya berdiri sebagai rumah ibadah namun juga mengakomodasi kepentingan sosial keagamaan sekaligus tujuan wisata religi. Kalau sedang liburan di kabupaten ini mampirlah ke masjid ini dan temukan ketenangan hati.

Traveler yang berlibur ke Lampung Barat (Lambar) kini diberikan pilihan kegiatan wisata baru berupa wisata religi. Tujuannya adalah masjid kebanggaan warga Lambar yang baru berumur 6 tahun bernama Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin. Cukup mudah menemukan masjid ini lantaran posisinya berada tidak jauh dari Jalan Lintas Liwa-Bandar Lampung.

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin [image source]
Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin [image source]
Masjid yang awal pembangunannya dilakukan pada tahun 2009 ini mengadopsi arsitektur dan ornamen Arab dan memadukannya dengan budaya lokal Lampung. Hampir seluruh bagian masjid mengaplikasikan corak Timur Tengah sedangkan ciri khas lokal bisa ditemukan pada atap masjid yang menyerupai atap rumah adat Lampung.

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin disebut juga Masjid Bintang Emas [image source]
Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin disebut juga Masjid Bintang Emas [image source]
Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin juga dijuluki sebagai Masjid Bintang Emas. Hal tersebut merujuk pada simbol bintang di atas kubah yang dilapisi dengan emas. Di dalam kawasan masjid juga terdapat sembilan pilar/ tugu yang melambangkan jumlah Wali Songo. Sedangkan ukuran bangunan masjid 33×33 meter merupakan representasi dari jumlah dzikir.

Kehadiran Masjid Bintang Emas memang sudah lama didambakan oleh warga Lampung Barat. Sebagian besar dari mereka bermimpi ingin memiliki masjid yang bukan sekedar untuk beribadah namun juga bisa digunakan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang berbasis agama. Mimpi tersebut akhirnya terwujud dengan diresmikannya Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin pada tahun 2010.

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin kebanggaan Lampung Barat [image source]
Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin kebanggaan Lampung Barat [image source]
Memang betul jika Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin dikatakan sebagai tempat ibadah multi fungsi. Di dalamnya saja terdapat ruangan untuk sekretariat, perpustakaan dan juga ruang pertemuan. Halaman masjid yang luas juga kerap digunakan untuk latihan manasik haji, dan ke depan pemkab Lampung Barat berencana membangun sekolah keagamaan di kompleks masjid tersebut. Nah, kalau liburan di Lampung Barat, mampir ya ke masjid yang keren ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Lampung Barat masjid
Share