Masjid Indah di Singapura, Destinasi Wisata Muslim Dunia

Punya cita-cita jalan-jalan ke luar negeri? Lupakan dulu tentang Paris atau Belanda. Ada banyak negeri tetangga yang tak kalah indah, termasuk Singapura. Tak hanya berisi pusat perbelanjaan, ternyata ada banyak masjid indah di Singapura yang bisa menjadi destinasi untuk wisata muslim. Mau dikunjungi sendiri atau mengajak sahabat, tetap seru. Di mana saja, ya?

1. Masjid Hajjah Fatimah

Masjid Hajjah Fatimah
Masjid Hajjah Fatimah via Instagram/@suhairulbsunari

Masjid Hajjah Fatima termasuk salah satu masjid indah di Singapura yang sudah tua. Masjid ini dibangun dsekitar tahun 1800an. Nama tempat ibadah ini diambil dari nama wanita bangsawan di masa itu, Hajjah Fatima. Pembangunan masjid ini merupakan wujud dari rasa syukur Hajjah Fatima karena selamat dalam insiden tidak diinginkan. Bangunan dari masjid ini mengusung perpaduan antara seni islam dan Eropa. Kamu bisa mampir ke Masjid Hajjah Fatima saat berada di Beach Road, kawasan Kampung Glam, Singapura.

Interior Masjid Hajjah Fatimah
Interior Masjid Hajjah Fatimah via Instagram/@thetoninoel

2. Masjid Abdul Gaffoor

Masjid Abdul Gaffoor
Masjid Abdul Gaffoor via Instagram/@jarrodstone

Masjid indah di Singapura lainnya yang bisa dikunjungi adalah Masjid Abdul Gaffoor. Tempat ibadah muslim ini berlokasi di Little India, Singapura, Dunlop Street. Terlihat sangat megah dan menarik dengan warnanya yang dominan hijau dan kuning. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1900-an ini merupakan salah satu Monumen Nasional Singapura. Cocok nih untuk jadi destinasi wisata muslimmu saat berkunjung ke Singapura. Setuju, kan?

Masjid Abdul Gaffoor Singapura
Masjid Abdul Gaffoor Singapura via Instagram/@aishainjapan

3. Masjid Jamae

Masjid Jamae
Masjid Jamae via Instagram/@neariiza

Saat jalan-jalan ke Singapura, pastikan juga untuk berkunjung ke Masjid Jamae. Masjid ini adalah salah satu yang tertua di Singapura, juga pertama di China Town. Berdiri sejak tahun 1800-an, Masjid Jamae adalah tempat ibadah Islam pertama yang berdiri, lalu dilanjutkan dengan pembangunan dua masjid lainnya. Yang menjadi gaya khas dari masjid cantik ini adalah dua menara hijau di depan yang menyambut para muslim yang datang. Kecantikan masjid ini sudah diabadikan untuk kartu pos sejak abad ke 19.

Masjid Jamae Singapura
Masjid Jamae Singapura via Instagram/@ployly_poiilie

4. Masjid Haji Muhammad Salleh

Masjid Haji Muhammad Salleh, Maqam Habib Noh
Masjid Haji Muhammad Salleh, Maqam Habib Noh via Instagram/@aisyah_didi

Masjid indah di Singapura lain yang wajib kamu kunjungi adalah Haji Muhammad Salleh. Tak hanya tempat ibadah, di masjid ini juga ada makam dari Habib Noh yang konon dipercaya sebagai keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW. Masjid Haji Muhammad ini juga tua dan berada di atas perbukitan. Meski terlihat kecil, masjid ini mampu menampung hingga sekitar 1200 jamaah, lho. Hingga kini, kelestarian dan kebersihan masjid ini sangat terjaga.

Masjid Haji Muhammad Salleh, Singapura
Masjid Haji Muhammad Salleh, Singapura via Instagram/@ayutorry_umayah

Tak perlu bingung lagi deh untuk menentukan destinasi saat liburan ke luar negeri. Deretan masjid indah di Singapura ini bisa menjadi pilihan untuk wisata muslim atau bahkan destinasi wisata lebaran. Setuju kan?

Tags
Luar negeri masjid indah muslim Singapura Wisata
Share