Tak Hanya di Pasuruan, Ini Masjid Cheng Ho yang Tersebar di Indonesia

Cheng Ho adalah laksamana laut asal Provinsi Yunnan, Tiongkok. Dia juga merupakan anggota dari Suku Hui, suku penganut muslim di Tiongkok. Saat masih muda, Cheng Ho dikenal sebagai kasim muslim yang dipercaya Kaisar Zhu Di, kaisar ketiga Dinasti Ming. Dari tujuh ekspedisi yang dilakukannya, Indonesia adalah salah satunya. Di nusantara beliau turut menyebarkan islam. Karena itulah banyak Masjid Cheng Ho di Indonesia yang berdiri untuk mengenang jasanya seperti di beberapa kota berikut ini.

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya via
Masjid Cheng Ho Surabaya via halhalal.com

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya mulai dibangun pada 15 Oktober 2001. Prosesnya memakan waktu satu tahun dan baru selesai seluruh bagiannya pada Oktober 2002.

Masjid Cheng Ho Pasuruan

Masjid Cheng Ho Pasuruan via
Masjid Cheng Ho Pasuruan via travelingneverdies.com

Masjid berarsitektur oriental ini diresmikan pada tgl 27 Januari 2008 oleh Bupati H. Jusbakir Aldjufri SH.MM. Sedangkan peletakan batu pertama dilakukan KH Abdurrahman Wahid pada 30 Mei 2004.

Cheng Ho Sriwijaya Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang via
Masjid Cheng Ho Palembang via pergiberwisata.com

Masjid Cheng Ho Sriwijaya ini memiliki dua lantai dan mampu menampung sekitar 600 jemaah. Lantai pertama Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2006 ini digunakan untuk jemaah laki laki, sedangkan lantai dua digunakan khusus untuk jemaah wanita. 

Masjid Cheng Hoo Kutai Kartanegara

Masjid Cheng Ho Kutai Kertanegara via
Masjid Cheng Ho Kutai Kertanegara via cikalweb.wordpress.com

Masjid ini beralamat di pinggir jalan poros Balikpapan-Samarinda, Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara. Tempat ibadah muslim dengan corak oriental ini dibangun pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2007.

Masjid Cheng Ho Purbalingga

Masjid Cheng Ho Purbalingga via
Masjid Cheng Ho Purbalingga via bujangmasjid.blogspot.co.id

Masjid Cheng Hoo Purbalingga memiliki warna berani khas kelenteng. Masjid dengan arsitektur oriental yang kuat ini dibangun pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2011.

Masjid Muhammad Cheng Hoo Gowa

Masjid Cheng Hoo Gowa via
Masjid Cheng Hoo Gowa via http://gosulsel.com

Pembangunan masjid ini dibangun akhir 2011 lalu dan mulai digunakan umat muslim pada Ramadan 2012. Luas pekarangan masjid 3240 meter persegi.

Masjid Cheng Hoo Batam

Masjid Cheng Ho Batam via
Masjid Cheng Ho Batam via suprizaltanjung.wordpress.com

Masjid Cheng Hoo yang ada di Batam memiliki karakter oriental yang sangat kuat. Warna merah menyala dengan bentuk bangunan menyerupai klenteng adalah sebabnya.

Masjid Cheng Ho Banyuwangi

Masjid Cheng Ho Banyuwangi via
Masjid Cheng Ho Banyuwangi via kabarbanyuwangi.info

Jika kota-kota lain hanya memiliki masjid untuk mengenang jasa laksamana Cheng Ho, pemandangan berbeda akan ditemukan di Banyuwangi. Di sini terdapat masjid sekaligus pondok pesantren yang menggunakan nama laksamana Tionghoa tersebut.

Meskipun Cheng Ho merupakan keturunan Tiongkok, dedikasinya terhadap islam sangat besar. Tak heran jika banyak pihak yang membuat masjid dengan menggunakan namanya. Mana masjid Cheng Ho yang pernah kamu kunjungi?

Tags
Indonesia Laksmana Cheng Ho Wisata wisata religi
Share