Indonesia Punya 4 Masjid Mengagumkan yang Berada di Bawah Tanah

Sebagai negara yang mengakui enam agama, Indonesia memiliki berbagai macam tempat ibadah. Dari tempat ibadah enam agama tersebut, masjid adalah tempat ibadah yang paling sering dan mudah ditemukan. Bukan karena Indonesia adalah negara Islam, tapi karena Islam merupakan agama mayoritas di nusantara. Berbagai karakter masjid pun dapat ditemukan, mulai dari yang tanpa kubah hingga masjid dengan kemegahan yang luar biasa. Uniknya lagi, di Indonesia memiliki masjid bawah tanah yang tak kalah keren seperti yang akan diulas Travelingyuk berikut ini.

1. Masjid Tamansari, Yogyakarta

Masjid Sumur Gumuling Tamansari via
Masjid Sumur Gumuling Tamansari via sugengpinarak.wordpress.com

Meski lebih familiar disebut Masjid Bawah Tanah Tamansari, tapi tempat ibadah ini sebenarnya bernama Masjid Sumur Gumuling. Nama yang familiar disebut oleh masyarakat tersebut disebabkan karena Lokasi masjid ini berada di kompleks Pemandian Tamansari. Tatanan bangunannya cukup unik, ada lima tangga yang mengelilingi bangunan sebagai lambang Rukun Islam.

2. Masjid Baabul Munawwar, Papua

Masjid yang dibangun oleh PT freeport via
Masjid yang dibangun oleh PT freeport via artikel.masjidku.id

Masjid Baabul Munawwar berada di dalam perut bumi, tepatnya di kedalaman 1.700 meter di bawah permukaan tanah. Masjid ini dibangun PT Freeport pada area pertambangannya di Tembagapura, Mimika, Papua. Uniknya, masjid ini berdampingan dengan Gereja Oikumene Soteria yang juga berada di bawah tanah.

3. Masjid Goa Muhammad, Mojokerto

Pintu masuk menuju Masjid Bawah Tanah Goa Muhammad Mojokerto via
Pintu masuk menuju Masjid Bawah Tanah Goa Muhammad Mojokerto via jawatimuran.wordpress.com

Masjid Goa Muhammad terletak Dusun Losari, Desa Pekukuhan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Untuk menuju ke Masjid Goa Muhammad, kamu harus melewati tangga menuju bawah tanah. Masjid yang juga sering digunakan untuk itikaf ini berada tepat di bawah Masjid Agung Wisnu Manunggal.

4. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi, Tuban

Masjid bawah tanah dengan keindahan yang luar biasa via
Masjid bawah tanah dengan keindahan yang luar biasa via visitingtuban.blogspot.co.id

Sebelum dirubah menjadi masjid yang indah seperti saat ini, tempat ini merupakan gua alami. Masjid yang terletak di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Di dalamnya terdapat banyak kaligrafi terukir indah di sepanjang dinding batunya. Lebih dalam lagi, bebatuan seperti stalagmit dan stalagtit masih dibiarkan menggantung menghiasi masjid.

Masjid di Indonesia memang memiliki karakter yang beragam. Seperti masjid Chenghoo yang mengadaptasi arsitektur oriental. Begitu pun dengan masjid yang dibangun di bawah tanah. Ada dari salah satu masjid di atas yang sudah pernah kamu kunjungi?

Tags
Indonesia Islam masjid Masjid Bawah Tanah muslim Ramadan
Share