4 Masjid Berarsitektur Unik Pulau Jawa, Sudah Pernah ke Sini?

Masjid kini tak hanya menjadi jadi tempat beribadah. Tak sedikit juga yang jadi tempat untuk menimba ilmu dan bersosialisasi. Mengingat fungsi pentingnya tersebut, banyak tempat ibadah muslim yang dibangun dengan arsitektur unik. Nah, kenali sama-sama yuk masjid berarsitektur unik di Pulau Jawa. Salah satunya mungkin ada di kota kalian. Sudah siap?

Masjid An Nurumi Sleman, Warna-warni Seperti di Kremlin

Masjid permen via instagram/ini.sleman

Rusia punya bangunan ikonik Gereja Katedral Santo Basil di Kremlin, Rusia, dengan kubah yang berwarna-warni. Apabila Teman Traveler mau lihat bangunan berwana-warni seperti Rusia, melipir saja ke Masjid An Nurumi di Sleman, Yogyakarta. Orang-orang juga menjuluki masjid ini sebagai ‘masjid permen’ karena kubahnya yang berwarna-warni cerah dan mencuri perhatian.

Ukuran masjid ini tidak begitu luas karena didirikan sebagai tempat persinggahan para traveler yang hendak beribadah. Penasaran dengan masjid ini? Silakan ke JL. Raya Yogya – Solo‎, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Masjid Al Irsyad Bandung, Desain Futuristiknya Maha Asyik

Masjid Kubus via instragram/kotabaruparahyangan

Masjid Al Irsyad ini desainnya sangat futuristik dan tak lazim. Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat saat ini, membangun Masjid Al-Irsyad terinspirasi dari Ka’bah sehingga berbentuk kotak tanpa kubah. Keunikan lain dari masjid ini adalah kalimat syahadat raksasa yang tersusun menyerupai lubang-lubang hitam pada dinding yang berfungsi sebagai ventilasi. Udara pun senantiasa terasa sejuk di Masjid Al Irsyad walau tanpa AC.

Dari sisi interior, masjid ini memiliki lampu berjumlah 99 yang membentuk siluet Asma’ul Husna, batu bulat berlafaz Allah SWT yang diposisikan di tengah mihrab dan menghadap ke pemandangan pegunungan yang sangat indah. Beribadah makin asyik di masjid yang terletak di Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

Masjid Agung Jawa Tengah dan 25 Pilar Nabi

Masjid Agung Jawa Tengah via instagram/pesona.jatengku

Ingin menikmati panorama Semarang dari ketinggian? Naik saja ke menara Al Husna setinggi 99 meter yang dilengkapi restoran! Masjid dengan 25 pilar bergaya koloseum Athena di Romawi ini sangat instagramable. Jumlah 25 pilar masjid melambangkan 25 Nabi dan Rasul dalam agama Islam. Kunjungi Masjid Agung Jawa Tengah di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang.

Masjid Kotagede Yogyakarta, Kental dengan Nuansa Jawa

Halaman Masjid Kotagede Yogyakarta via instagram/priyatnadp

Dibangun pada abad ke-16, atau tepatnya tahun 1640-an, Masjid Kotagede Yogyakarta mencerminkan perpaduan budaya Jawa dan Islam dengan sangat kental. Secara penampilan, masjid ini mengambil bentuk bangunan Jawa Limasan, dengan ciri khas atap berbentuk limas dan dua ruangan, inti dan serambi.

Bahkan, di dalam masjid banyak peninggalan bersejarah yang masih dijaga. Masjid Kotagede Yogyakarta ini terletak di Jl. Karanglo, Jagalan, Kotagede, Yogyakarta.

Sudah tahu kan empat masjid berarsitektur unik di Pulau Jawa? Cocok nih untuk destinasi wisata religi selanjutnya. Bagaimana, ada yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
Indonesia masjid Pulau Jawa wisata religi
Share