Jelajah Masjid Al-Irsyad, Ketika Seni dan Religi Menyatu dalam Bangunan

Pengin jelajah wisata Bandung yang antimainstream? Kali ini coba yuk jelajah Masjid Al-Irsyad yang berada di Kota Baru Parahyangan. Teman Traveler wajib tahu mulai dari indahnya desain bangunan sampai keragaman budaya Islam. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Masjid Al Irsyad Satya

masjid al-irsyad
Masjid Al-Irsyad tampak depan (c) gadis hadianty/Travelingyuk

Al-Irsyad Satya merupakan salah satu bangunan masjid dengan konsep berbeda. Dibandingkan dengan beberapa masjid di Bandung, tempat ibadah ini memang sengaja dibuat dengan konsep yang modern. Adanya pohon-pohon yang tertata rapi, taman tematik, dan galeri seni bernuansa Islam membuat masjid ini sangat terlihat cantik.

Bangunan dengan Konsep Unik di Padalarang

masjid al-irsyad
Konsep kubus Masjid Al-Irsyad yang sederhana (c) gadis hadianty/Travelingyuk

Pada Agustus tahun 2010 Masjid Al-Irsyad diresmikan. Tak hanya mencuri perhatian masyarakat Bandung, desain masjid rancangan Ridwan Kamil ini juga berhasil menarik perhatian dunia.

Terbukti dengan didapatkannya sebuah penghargaan bergengsi tingkat dunia yaitu National Frame Building Association. Masjid ini dinobatkan sebagai satu-satunya tempat peribadatan di Asia Tenggara yang masuk 5 besar kategori Building of The Year 2011 lalu.

masjid al-irsyad
Banyak jamaah yang datang berkunjung (c) gadis handianty/Travelingyuk

Bangunan masjid ini memiliki seni dan filosofi yang lumayan tinggi. Selain mengangkat konsep yang ramah lingkungan, tempat ini terinspirasi dari konsep tawaf mengelilingi masjid dan bentuk kubah seperti di Mekah. Adapun kalimat syahadat raksasa dipamerkan dalam bebatuan hitam pada eksteriornya.

Pemilihan dan peletakan batu-batu hitam di dinding masjid ini bertujuan sebagai sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk. Pada malam hari cahaya dari dalam masjid akan keluar melalui celah batu sehingga membentuk siluet berbentuk syahadat. Menakjubkan sekali, ya?

Desain yang kental budaya Islam

masjid al-irsyad
99 Lampu Asmaul Husna (c) gadis handianty/Travelingyuk

Ketika masuk ke ruang utama, ada banyak sekali ornamen lampu berbentuk kotak persegi. Saat lampu dinyalakan akan membentuk sebuah siluet bertuliskan nama-nama Asmaul Husna yang berjumlah 99.

masjid al-irsyad
Mihrab terbuka yang langsung menghadap alam (c) gadis hadianty/Travelingyuk

Mihrab yang ada juga berbeda dengan yang biasa ditemui. Di sini berbentuk seperti lorong panjang terbuka yang mengerucut yang menjorok dekat sebuah kolam air. Nantinya para jemaah akan dihadapkan langsung pada pemandangan taman hijau yang asri.

masjid al-irsyad
Taman sederhana di samping masjid (c) gadis handianty/Travelingyuk

Masjid ini pun memiliki daya tampung jamaah sekitar 1500 orang. Kegiatan mingguan pun banyak dilaksanakan di sini seperti pengajian bersama. Berkeliling di samping masjid kontemporer Indonesia ini juga sangat menyegarkan karena ditemani beberapa pohon indah yang menambah kesan sejuk dan adem.

Spot Instagenic di Masjid Al-Irsyad

img_3413_IJs.jpg
Dinding minmalis masjid yang unik (c) gadis hadianty/Travelingyuk

Di balik kegunaan sebagai tempat beribadah, Masjid Al-Irsyad memiliki beberapa spot menarik dengan warna-warna cerah serta ornamen di luar ruangan yang instagenic. Tentunya spot-spot ini tidak akan mengganggu jalannya ibadah jemaah di dalam masjid.

img_3327_YJo.jpg
Dinding bergradasi biru yang bagus (c) gadis handianty/Travelingyuk

Ornamen dari dinding Masjid Al-Irsyad ini jelas memiliki keunikan dari susunan warna-warna hitam dan abunya. Teman Traveler bisa menjadikannya sebagai dinding bergaya dengan background yang sederhana. Jika diperhatikan lebih detail, warna biru tua dinding ini membentuk sebuah lafadz Allah.

img_3409_Oiq.jpg
Taman masjid yang dihiasi tanaman berwarna-warni (c) gadis hadianty/Travelingyuk

Selain itu, juga ada taman cantik yang berada di samping belakang masjid. Warnanya yang mencolok dan menarik akan bagus diabadikan dalam sebuah foto. Puas sekali berkunjung ke sini!

img_20190916_203431_0TE.jpg
Kursi ala halte yang lucu (c) gadis hadianty/Travelingyuk
img_3367_iGt.jpg
Lapangan luas sekitar masjid yang bagus (c) gadis hadianty/Travelingyuk

Itu dia serunya jelajah Masjid Al-Irsyad yang berada di Kota Baru Parahyangan. Selain sebagai tempat ibadah, ternyata bangunan di sini dikenal instagenic. Bagaimana, tertarik berkunjung?

Tags
Indonesia Jawa Barat kontributor masjid al-irsyad Travelingyuk
Share