Biar Ngabuburit Jadi Berkah, Yuk Berkunjung ke Masjid Darul Falah

Advertisement

Ngabuburit menjadi kegiatan khas Ramadan yang jamak dilakukan orang di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa. Seperti halnya warga Pacitan, setiap sore terlihat banyak orang jalan-jalan melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) hingga kawasan Pantai Teleng Ria buat ngabuburit. Tapi ada satu tempat yang bisa membuat ngabuburit menjadi makin berkah, yaitu dengan berkunjung ke Masjid Darul Falah.

Sebagian besar warga Pacitan pasti asing dengan nama Masjid Darul Falah, wajar mengingat mereka lebih mengenal masjid di barat alun-alun kota ini dengan nama Masjid Agung Pacitan. Masjid yang dulu ukurannya kecil kini berubah menjadi masjid yang lapang dengan arsitektur bangunan yang sangat indah.

Masjid darul Falah Pacitan, via instagram
Masjid darul Falah Pacitan, via instagram

Di bulan puasa seperti ini Masjid Darul Falah bisa menjadi salah satu pilihan tempat ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di masjid ini ketimbang hanya jalan-jalan keliling kota. Traveler bisa ikut pengajian rutin, i’tikaf hingga membaca Al Qur’an.

Bagian Dalam Masjid Darul Falah, via instagram
Bagian Dalam Masjid Darul Falah, via instagram

Keuntungan ngabuburit di Masjid Agung Pacitan ini traveler bisa sekalian foto-foto di depan masjid yang memang punya bangunan fotogenik. Keuntungan lainnya yang didapat adalah bisa mengetahui waktu berbuka dengan cepat dan kalau beruntung pihak takmir masjid selalu membagikan takjil gratis setiap bulan puasa.

Masjid Darul Falah kebanggaan warga Pacitan, via instagram
Masjid Darul Falah kebanggaan warga Pacitan, via instagram

Masjid Agung Pacitan ini diklaim sebagai masjid tertua di kota kelahiran Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid ini mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2006 hingga akhirnya berdiri megah seperti sekarang. Kabarnya dana yang dihabiskan untuk menyulap masjid kebanggaan warga Pacitan ini sekitar belasan miliar.

Bagian Teras Masjid Darul Falah, via instagram
Bagian Teras Masjid Darul Falah, via instagram

Setelah ngabuburit di Masjid Darul Falah jangan langsung pulang, sebaiknya lanjutkan beribadah hingga salat tarawih berjamaah di masjid yang sanggup menampung lebih dari 3 ribu jamaah ini. Pengalaman terakhir Travelingyuk saat salat tarawih di Masjid Darul Falah Ramadan tahun lalu, imamnya pandai membaca Al Quran dengan suara yang merdu. Pernah pula masjid ini mengundang imam dari Palestina yang hafidz Al Qur’an.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur masjid pacitan
Share