Masjid Agung Annur Pekan Baru, Bukti Nyata Taj Mahal Ternyata Ada di Indonesia

Dunia ini memang memiliki berbagai sisi yang terlihat berbeda-beda bagi masing-masing orang. Ada yang memandang dunia sebagai tempat singgah sementara untuk menuju kehidupan yang abadi di akhirat. Namun tak sedikit juga yang melihat dunia dan isinya sebagai surga yang penuh dengan kenikmatan dan sayang sekali untuk disia-siakan. Apapun keadaannya, kita harusnya tetap bersyukur dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan untuk hidup di dunia dengan sebaik-baiknya. Kamu jadi bisa melihat keindahan alam, serta bangunan-bangunannya yang berdiri megah atas izin Tuhan Yang Maha Kuasa.

Misalnya saja masjid-masjid yang didirikan dengan segala fasilitas dan kemewahan, membuat siapapun yang jadi bisa merasakan ketenteraman dan kenyamanan. Tentu saja jika kamu memang pergi ke masjid dengan niatan baik untuk beribadah di rumah Allah. Saat ini banyak sekali tempat ibadah untuk umat Islam dibangun dengan gaya yang unik dan megah hingga ada juga yang mengadaptasi bangunan mentereng di negara lain. Sebut Saja Masjid Agung Annur di Pekanbaru. Seperti apa sih keistimewaannya? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Sekilas Tentang Taj Mahal

Sebelum kita mengulas tentang Masjid Annur, ada baiknya kita sedikit menyinggung tentang Taj Mahal. Agar kamu semakin tahu tentang salah satu peninggalan kerajaan Islam yang begitu megah di India itu. Dalam bahasa saat ini, Taj Mahal bisa kamu sebut sebagai monumen. Lokasinya terdapat di Kota Agra, India. Karena ukurannya yang besar, Taj Mahal menjadi bangunan yang begitu megah pada masanya. Orang dibalik pembangunan Taj Mahal adalah Sh?h Jah?n, seorang Kaisar dari Dinasti Mughal.

Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]
Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]

Monumen tersebut diperuntukkan sebagai makam istrinya yaitu , Arjumand Banu Begum atau Mumtaz Mahal. Pembangunan dimulai pasca kematian istrinya sekitar tahun 1632 hingga 1652. Bentuk arsitekturnya yang khas, membuat Taj Mahal jadi salah satu karya besar peninggalan Kerajaan Mughal. Sekitar tahun 1983, Taj Mahal sah menjadi Situs Warisan Dunia menurut UNESCO. Saat ini monumen yang didominasi warna putih dengan menara tinggi di beberapa sudutnya itu, terbuka sebagi lokasi wisata.

2. Masjid Agung Annur, “Taj Mahal” di Pekanbaru

Taj Mahal di bumi Indonesia ternyata bukan isapan jempol belaka. Baru-baru ini heboh diperbincangkan soal Masjid Ramlie Musofa yaitu rumah ibadah yang dibangun semiri mungkin dengan Taj Maha. Dari mulai pintu utamanya, menara, hingga kubahnya nggak jauh-jauh dari bentuk Taj Mahal. Ternyata, Masjid Ramlie Musofa bukan satu-satunya bangunan yang mengadaptasi taj Mahal. Yuk bertandang ke Riau, tepatnya ke Kota Pekanbaru.

Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]
Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]

Di salah satu sudutnya terdapat bangunan besar berkubah hijau. Itulah Masjid Agung Annur. Makin mirip dengan kolam dan menara yang menjulang tinggi. Dengan kenyamanan seperti itu, nggak begitu mengherankan jika Masjid Agung Annur bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, tapi juga destinasi wisata rohani yang bikin adem mata dan hati. Nggak percaya? Datang saja langsung ke alamat Masjid Agung Annur di Jalan Syehk Burhanuddin, Kota Pekanbaru, Riau.

3. Sejarah Berdirinya Masjid

Sebenarnya, pembangunan masjid telah diupayakan sejak dulu, namun baru terwujud sekitar tahun 60an ketika Kaharuddin Nasution menjadi Gubernur Riau. Pendirian masjid dimulai sekitar tahun 1963, lima tahun setelah itu. Arifin Achmad yang menjabat sebagai Gubernur menggantikan Kaharudin meresmikan Masjid Annur. Bentuknya tidak seperti yang terlihat sekarang ini, karena masih ada tahap renovasi. Tahun 2000 dilakukan perluasan masjid hingga luasnya mencapai 12,6 hektare dan sekitar 3000 jama’ah akhirnya bisa ditampung.

Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]
Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]

Artinya ada penambahan luas sekitar tiga kali lipat dari jumlahnya sebelumnya yang hanya sekitar 4 hektare saja. Di sekitarnya juga dilengkapi dengan ruang terbuka berupa taman, termasuk juga kolam air mancurnya. Selain sebagai tempat ibadah, ternyata beberapa bangunan masjid Annur juga sempat menjadi kampus Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim. Sebelum kampus tersebut berubah menjadi menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Pekanbaru sekitar tahun 1973

4. Fasilitas yang ada di Dalam Masjid

Agar para jama’ah yang datang ke masjid untuk beribadah jadi lebih nyaman. Pengurus masjid menyediakan berbagai fasilitas. Misalnya saja kantor sekretariat untuk pengurus masjid, manajemen, remaja masjid hingga ruangan mengaji agama Islam. Wifi gratis disediakan buat kamu yang ingin memanfaatkan jaringan internet untuk berbagai keperluan terutama belajar.

Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]
Masjid Agung Annur Pekanbaru [image source]

Daripada nongkrong di kafe-kafe yang sudah pasti boros dan nggak aman, lebih baik di Masjid saja kan? Selain itu, terdapat taman dan lapangan yang cukup luas. Kamu bisa berjalan di sini sambil memandang kemegahan Masjid Annur. Kamu yang membawa kendaraan juga nggak perlu khawatir karena terdapat area parkir yang lebih luas.

Itulah beberapa ulasan tentang Masjid Agung Annur, yuk ramaikan masjid dengan berbagai hal yang bermanfaat. Kamu bisa beribadah sambil melakukan wisata rohani. Semoga informasi di atas membawa banyak manfaat ya untuk kita semuanya.

Tags
Indonesia masjid Pekanbaru Riau
Share