Ragam Masakan Tradisional Indonesia Berbahan Dasar Tahu

Advertisement

Selain tempe, tahu merupakan lauk pauk yang sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia sebagai menu sehari-hari. Bagaimana tidak, rasanya lezat, harganya ekonomis, dan bisa dikreasikan ke berbagai olahan membuat tahu banyak digemari. Di Indonesia, banyak sekali menu-menu khas Nusantara yang memanfaatkan tahu sebagai bahan utamanya. Nah, kali ini akan diberikan ragam masakan tradisional Indonesia yang terbuat dari tahu.

1. Tahu Campur, Lamongan

Seporsi tahu campur, Via Instagram dad_dish
Seporsi tahu campur, Via Instagram dad_dish

Dari namanya saja kita sudah tahu jika kuliner khas Lamongan ini berbahan dasar tahu. Dalam seporsi tahu campur biasanya terdiri dari komposisi tahu goreng, sop daging sapi kenyal, perkedel, singkong, selada air, taoge, mi kuning dan tidak lupa ada kerupuk udang yang memperkaya rasanya. Berbagai bahan itu kemudian akan dipadu dengan bumbu yang terbuat dari petis, bawang goreng dan juga sambal.

2. Kupat Tahu, Solo

Kupat tahu, Via Instagram mytastemylife
Kupat tahu, Via Instagram mytastemylife

Tak kalah terkenal dari tahu campur, ada kupat tahu dari Jawa Tengah. Ada yang menyebutnya dari Solo ataupun juga Magelang. Terlepas daerah aslinya, kupat tahu ini benar-benar memiliki rasa nikmat. Bahan untuk membuat kuliner ini adalah irisan kupat ataupun lontong kemudian di atasnya diberi tahu goreng, taoge dan kemudian disiram menggunakan bumbu kacang lalu diberi tambahan bawang goreng dan juga kerupuk.

3. Tahu Acar, Solo

Tahu acar, Via Instagram waosansurakarta
Tahu acar, Via Instagram waosansurakarta

Kuliner selanjutnya ada tahu acar yang memiliki citarasa asam yang menyegarkan. Isi dari seporsi tahu acar ini biasanya akan ada mie goreng, irisan tahu goreng, kecambah, irisan kol, tomat dan yang paling penting adalah acar mentimun. Kuah asamnya ini berasal dari tomat dan tentu saja dari acar mentimun. Tapi jika dicicipi lebih mendalam, rasa tahu acara ini sebenarnya tidak terlalu asam karena ada sedikit sensasi manis dari gula jawa di dalamnya.

4. Tahu Gejrot, Cirebon

Tahu gejrot dalam layah kecil, Via Instagram astriepasaribu
Tahu gejrot dalam layah kecil, Via Instagram astriepasaribu

Tidak kalah menggiurkan dari berbagai olahan tahu yang sebelumnya adalah tahu gejrot yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Tahu gejrot ini terdiri atas tahu goreng yang diiris kemudian disiram dengan kuah yang sudah diberi bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, garam, dan juga gula. Biasanya, tahu gejrot banyak dijual di pedagang kaki lima dan disajikan pada layah kecil. Sensasi rasa pedas gurih yang enak.

5. Tahu Pletok, Tegal

Tahu pletok, Via Instagram tahuplentung
Tahu pletok, Via Instagram tahuplentung

Dari Cirebon ada tahu pletok yang lebih enak dikudap saat sore tiba bersama dengan secangkir teh ataupun juga kopi yang masih hangat. Tahu pletok ini terbuat dari tahu yang diisi dengan adonan tepung kanji, daun bawang dan beragam bumbu. Biasanya tahu pletok ini juga disajikan dengan saus sambal untuk semakin memperkaya rasanya.

6. Tahu Tek, Surabaya

Tahu tek, Via Instagram sgtfoodgram
Tahu tek, Via Instagram sgtfoodgram

Tahu tek merupakan masakan dari Surabaya yang memiliki banyak pecinta. Tahu goreng setengah matang dipotong kecil-kecil kemudian dipadu dengan irisan lontong, kentang goreng, mentimun, taoge lalu disiram dengan bumbu di atasnya, benar-benar berhasil membuat perut keroncongan. Silahkan mencicipi tahu tek dengan rasa otentik di Surabaya langsung ya.

7. Tahu Gimbal, Semarang

Tahu gimbal, Via Instagram merelglansbeek
Tahu gimbal, Via Instagram merelglansbeek

Di Semarang ada masakan tahu yang juga sudah populer di Tanah Air, namanya tahu gimbal. Kuliner satu ini biasanya terdiri atas potongan tahu goreng, irisan kubis, taoge, telur, lontong, dan tidak lupa gimbal, yakni udang yang digoreng dengan tepung. Bahan-bahan tersebut selanjutnya disiram dengan bumbu kacang yang sangat khas lantaran terdapat petis di dalamnya.

Ada yang pernah mencoba salah satu masakan berbahan tahu yang sudah disebutkan di atas? Yuk share pengalamanmu.

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner khas Indonesia kuliner terbuat dari tahu masakan khas Indonesia
Share